Search
Selasa 4 Agustus 2020
  • :
  • :

DPRDSU: Alokasi Anggaran Refocusing Tahap II Harus Diprioritaskan Untuk Kesehatan

 

 

Starberita – Medan, Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) diminta untuk mengutamakan pengalokasian anggaran Refocusing tahap II di bidang kesehatan. Hal ini perlu dilakukan guna menekan penyebaran Corona Virus Diaseas 2019 (Covid 19) di Sumut.

Demikian dikatakan Anggota Panitia Khusus (Pansus) Covid 19 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumut, Tangkas Manimpan Tobing di ruang kerjanya Gedung Dewan Jalan Imam Bonjol Medan, Selasa (14/7/2020).

Dijelaskan Tangkas, dalam pengalokasian anggaran refocusing, ada tiga sektor yang harus dialokasikan yakni untuk kesehatan, dampak sosial dari COVID-19 serta stimulus ekonomi.

“Kenapa yang pertama kesehatan, karena diperlukan perlengkapan pembelian alat rapid test, SWAP dan rumah sakit rujukan didaerah. Sehingga jika ada masyarakat yang diduga terdampak Covid 19, tidak lagi harus dibawa jauh-jauh ke Medan, cukup didaerahnya dan ditangani didaerah,” tegasnya.

Kemudian pengalokasian anggaran refocusing tahap kali ini, lanjut Politis Partai Demokrat ini, diarahkan stimulus ekonomi yang bertujuan untuk menyeimbangkan ekonomi ditengah-tengah masyarakat khususnya UKM.

“Karena ekonomi sangat berpengaruh akibat Covid 19 yang berdampak luar biasa. Jadi kalau tidak ada focus kita kesitu, ini dapat menimbulkan masalah baru di Sumut, bukan saja menambah pengangguran, tapi juga menambah kemiskinan,” ujarnya seraya menambahkan bahwa kemudian setelah itu diarahkan ke dampak sosial.

Menurut Tangkas, untuk saat ini bantuan berupa kebutuhan pokok sudah banyak baik dari Pemerintah Pusat maupun dari pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten/kota.

“Dan itu sudah terkendali dan berjalan,” ucap Tangkas. Maka dari itu alokasi anggaran refocusing tahap II diprioritaskan untuk kesehatan. Pemprov Sumut melaui Gugus Tugas harus dapat melihat ini. Karena tujuannya untuk menekan penyebaran Virus Corona,” pungkasnya. (sbc-03)




Tinggalkan Balasan

error: