Search
Rabu 15 Juli 2020
  • :
  • :

Anggaran Live Streaming GTPP Sumut Kembali Jadi Sorotan

Starberita – Medan, Anggaran live streaming yang dilakukan Gugus Tugas Percepatan Penangan (GTPP) Covid-19 Sumut kembali menjadi sorotan.

Pasalnya, sebagian anggaran live streaming tersebut diperuntukkan untuk membayar sewa ruangan. Dimana ruangan yang disewa adalah ruangan milik Pemprovsu sendiri, yakni ruang Sumut Smart Province di lantai 6 Kantor Gubsu serta ruangan di Gedung Lama Kantor Gubsu. Sebagaimana hal tersebut terpantau oleh awak media yang senantiasa mengikuti update perkembangan covid-19 yang dilakukan Tim GTPP Covid Sumut.

Menyikapi hal tersebut, Plt.Kadis Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Sumut, Irman Oemar mengatakan bahwa pihaknya akan melakukan evaluasi terkait pengelolaan anggaran live streaming tersebut. Dikatakannya bahwa selama ini pembengkakan pengunaan anggaran pada live streaming perkembangan covid-19 terjadi pada pelaksana, yakni pada pihak ketiga.

Oleh karenanya, selaku Plt.Kadiskominfo Sumut, Irman mengatakan bahwa pihaknya akan mengambil alih pengelolaan live streaming tersebut dan tidak lagi menggunakan jasa pihak ketiga untuk menyiarkan informasi perkembangan covid-19.

“Tak lagi, kita tidak lagi akan memakai pihak ketiga,” sebut Irman ketika dikonfirmasi wartawan via telepon seluler, Kamis (28/5/2020), terkait nasib kelanjutan live streaming perkembangan covid-19.

Kemudian disinggung berapa anggaran yang akan dialokasikan, Irman pun mengatakan bahwa alokasi anggarannya tak lebih dari Rp.100 juta. Ia juga menyebutkan telah melakukan evaluasi atas pelaksanaan live streaming covid-19 selama ini.

“Kalau anggaran setelah kami tangani bersama akan berkurang, di bawah Rp.100 juta. Karena tidak adalagi sewa alat dan sewa ruangan,” terangnya.

Sebagaimana diketahui, siaran live streaming covid-19 Sumut pertama kali digelar GTPP Covid Sumut pada Minggu (29/3/2020) lalu, dengan menggunakan channel youtube milik Humas Sumut. Dimana untuk anggaran yang dipergunakan pada live streming tersebut telah menelan anggaran sebesar Rp.1,2 miliar.

Anggaran itu sendiri berasal dari refocusing tahap I penanganan covid-19 Sumut. Dimana pengelolanya adalah Dinas Kominfo Sumut bekerjasama dengan Biro Humas dan Keprotokolan Setdaprovsu serta mempekerjakan pihak ketiga, yang mana pihak ketiga bertugas untuk menyiapkan peralatan serta ruangan ataupun gedung.

Akan tetapi, saat ini live streaming perkembangan covid-19 di Sumut pun dihentikan sementara sejak Jumat (22/5/2020). Dimana hingga Kamis (21/5/2020), yang bertanggung jawab dalam pengelolaan live streaming itu adalah Dinas Kominfo Sumut yang saat itu dipimpin oleh Plt.Kadis, M. Ayub. (sbc-05)




Tinggalkan Balasan

error: