Search
Jumat 10 Juli 2020
  • :
  • :

Tinjau Puskesmas Amplas, Akhyar Pastikan Pelayanan yang Diberikan Sesuai Prosedur & Harus Maksimal

Starberita – Medan, Pelaksana tugas (Plt) Walikota Medan, Akhyar Nasution, Kamis (14/5/2020) meninjau Puskesmas Medan Amplas, Jalan Garu II B, Kelurahan Harjosari I, Kecamatan Medan Amplas Kota Medan.

Tinjauan ini dilakukan untuk mengecek fasilitasi dan pelayanan kesehatan saat ada warga yang ingin memeriksakan dirinya sekaligus memonitoring pencegahan meluasnya penularan Virus Corona (Covid-19).

Tiba di UPT Puskesmas Medan Amplas, Akhyar, langsung masuk dan mengecek pelayanan yang diberikan. Akhyar mengecek satu persatu ruangan untuk memastikan bila ada terjadi warga yang terserang penularan Virus Corona segera mengambil tindakan.

Sebab, Puskesmas dijadikan sebagai tempat penanganan sementara apabila terdapat warga masyarakat yang mengalami gejala terpapar Covid-19.

Pada saat peninjauan, Akhyar, berbincang-bincang dengan seluruh petugas kesehatan yang berada disitu untuk memastikan pelayanan yang diberikan harus maksimal.

Selain itu, Akhyar, juga berpesan kepada petugas medis untuk selalu menjaga kesehatan dan menggunakan APD sebagaimana mestinya, sehingga tidak ikut terpapar wabah tersebut. Sebab, petugas medis merupakan salah satu garda terdepan dalam menangani Covid-19.

Usai meninjau UPT Puskesmas Medan Amplas, Akhyar, mengucapkan terima kasih kepada puskesmas yang ada di Kota Medan yang siap melayani masyarakat, baik menangani penyakit umum maupun khusus Covid-19. Di puskesmas inilah awal dari mekanisme identifikasi dan pengawasan terhadap Pelaku Perjalanan (PP), Orang Tanpa Gejala (OTG), Orang Dalam Pengawasan (ODP) semuanya dilakukan oleh puskesmas dan tentunya mereka semua mengikuti prosedur penanganan yang baik.

“Terima kasih kepada seluruh jajaran Puskesmas Medan Amplas yang terus melaksanakan tugas dan pengabdiannya, dan jangan lupa untuk menjaga diri agar jangan sampai terpapar. Petugas medis yang ada di puskesmas yang di Kota Medan juga sudah menggunakan APD. Artinya mereka sudah siap melayani masyarakat,” kata Akhyar.

Dalam kesempatan itu, Akhyar, berharap kepada seluruh masyarakat Kota Medan untuk disiplin mengikuti aturan yang diberikan pemerintah dalam upaya pencegahan penularan Covid-19 yaitu dengan menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah dan juga mencuci tangan menggunakan air dan sabun. Akhyar juga berpesan agar masyarakat tetap berada dirumah jika tidak memiliki kepentingan di luar rumah.

“Kami berharap semua warga Kota Medan disiplin menggunakan masker dan rajin mencuci tangan. Bagi yang tidak berkepentingan tidak usah keluar rumah, dirumah saja. Pemko Medan juga telah melakukan upaya dengan cara karantina di rumah dan karantina di rumah sakit. Mari kita ikuti prosedurnya supaya keluarga kita semua selamat,” harap Akhyar.

Sementara Kepala Dinas PP&KB Kota Medan, drg Usma Polita Nasution, mengatakan terkait kunjungan ini dilakukan untuk melihat apakah pelayanan di puskesmas sesuai dengan SOP yang semestinya.

“Ternyata Puskesmas sudah bagus pelayanannya dengan SOP kesehatan tidak ada lagi petugas yang memakai APD. Kunjungan masyarakat ke puskesmas juga menggunakan masker. Puskesmas juga telah melakukan rapid test, semua tahapannya itu dilakukan ditingkat puskesmas,” jelasnya. (sbc-02)




Tinggalkan Balasan

error: