Search
Jumat 10 Juli 2020
  • :
  • :

Siapkan Solusi Selamatkan Media, Ketua DPRDSU Apresiasi Gubernur dan Ketua PWI Sumut

 

Starberita – Medan, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) Baskami Ginting sangat mengapresiasi kesepakatan Gubernur Sumut Edy Rahmayadi dengan Ketua PWI Sumut Hermansjah bersama pimpinan media cetak di Sumut untuk menyiapkan solusi menyelamatkan media cetak yang mengalami paling terdampak dan kesulitan bertahan di tengah pandemi Corona Virus Diaseas 2019 (Covid-19).

“Kita di legislatif juga siap mendukung dan mengalokasikan anggarannya di APBD Sumut sepanjang tidak menyalahi aturan. Sebab media cetak ini juga sebagai garda terdepan dalam menyampaikan informasi terkait Covid-19, harus diselamatkan,” tegas Baskami kepada wartawan di Gedung Dewan Jalan Imam Bonjol Medan, Rabu (13/5/2020).

Baskami menjelaskan, bahwa sebenarnya dalam Refocusing kegiatan dan realokasi anggaran APBD Sumut 2020 untuk penanganan Covid-19, bisa saja dimasukkan anggaran untuk media cetak yang terdampak virus Corona.

“Jauh-jauh hari telah kita usulkan agar pemerintah memikirkan perusahaan media cetak, jangan hanya mendapatkan insentif pajak untuk keberlangsungan industri media, karena kalau hanya insentif pajak tidak akan banyak membantu,” cetusnya.

Baskami bahkan menawarkan agar Gubsu, DPRD Sumut, PWI Sumut dan pimpinan media cetak duduk satu meja mencari solusi terbaik untuk nenyelamatkan media cetak yang semakin terpuruk akibat tekanan gelombang ekonomi masa Covid-19 ini.

“Jika perlu libatkan seluruh bupati/walikota se-Sumut untuk bersama-sama membahasnya dan tahap awal bisa diusulkan kepada seluruh kepala daerah agar menginstruksikan jajarannya di seluruh instansi pemerintah berlangganan media cetak, sebab akhir-akhir ini banyak instansi tidak lagi berlangganan,” ketusnya.

Selain itu, tambahnya, para Kades/Lurah se-Sumut juga sangat penting mengetahui informasi diseluruh Sumut, sehingga sangat wajar, jika para kepala daerah menganjurkan kepada para kepala  desa berlangganan media cetak.

“Jika kita semua sepakat bersama-sama untuk menyelamatkan media cetak di Sumut, masih banyak peluang pasar yang perlu digarap, selain 7.000 SMA/SMK yang akan diinstruksikan gubernur untuk berlangganan koran,” imbuhnya seraya meminta kepada bupati/walikota se-Sumut untuk bersama-sama membantu media cetak.

Perlu diketahui, lanjut Baskami, perusahaan Pers di daerah saat ini mengalami kesulitan secara ekonomi, seperti perawatan produksi, beli kertas yang mahal akibat naiknya harga dolar, sehingga dipastikan akan terimbas kepada pemotongan gaji, pengurangan jam kerja, bahkan melakukan PHK karyawannya.

Berkaitan dengan itu, anggota dewan Dapil Medan ini mengajak Gubernur, PWI Sumut dan Serikat Penerbit Surat Kabar (SPS) Sumut maupun pimpinan media cetak untuk duduk bersama membahas nasib media cetak sekaligus meminta “petunjuk” ke BPK terkait pengalokasian dana bantuan ke media di APBD Sumut.

“Kalau perlu kita  menyurati Komisi I DPR-RI, Menko Perekonomian dan Menteri Keuangan, agar dana subsidi untuk media cetak maupun karyawan pers yang paling terdampak Covid-19, dapat juga ditanggulangi pemerintah melalui APBN,” pungkasnya. (sbc-03)

 




Tinggalkan Balasan

error: