Search
Sabtu 8 Agustus 2020
  • :
  • :

Presiden Minta Siapkan Skema Perlindungan Sektor UMKM

Starberita – Jakarta, Presiden Joko Widodo atau Jokowi meminta jajarannya menyiapkan secara maksimal rancangan mengenai bantuan modal kerja darurat bagi UMKM. Bantuan ini merupakan salah satu skema program perlindungan dan pemulihan ekonomi di sektor UMKM yang terdampak corona atau Covid-19.

“Bantuan modal kerja darurat ini harus betul-betul kita rancang betul agar UMKM betul-betul merasakan dan mendapat skema bantuan modal darurat ini,” kata Jokowi saat membuka rapat terbatas via teleconference Rabu (29/4/2020).

Jokowi mengatakan dari data yang ia miliki, sudah ada 41 juta UMKM yang tersambung dengan lembaga pembiayaan maupun perbankan. Namun di luar itu 23 juta UMKM yang belum pernah mendapatkan pembiayaan baik dari lembaga keuangan maupun sistem perbankan. “Karena itu 23 juta UMKM ini harus mendapatkan program perluasan pembiayaan modal kerja,” kata Jokowi.

Bagi yang UMKM yang penyalurannya bisa melalui bank, akan melalui perluasan program KUR. Jokowi mengatakan hal sekaligus ini akan memperluas inklusi keuangan. “Bagi yang tidak bankable penyalurannya bisa lewat UMI, lewat Mekaar, maupun skema program lainnya,” kata dia.

Selain itu, Jokowi juga mengatakan Kementerian/Lembaga, Badan Usaha Milik Negara, dan pemerintah daerah harus menjadi buffer UMKM terutama pada tahap awal recovery. Ia menegaskan konsolidasi usaha ini penting untuk membuat mereka bisa bertahan.

“Misalnya BUMN atau BUMD menjadi off taker bagi hasil produksi para pelaku UMKM baik di bidang pertanian, perikanan kuliner sampai industri rumah tangga,” kata Jokowi. (sbc-03/tem)




Tinggalkan Balasan

error: