Search
Rabu 3 Juni 2020
  • :
  • :

Ini Manfaat Konsumsi Apel

Starberita – Jakarta, Apel adalah salah satu buah yang paling banyak dikenal. Tak heran, karena selain lezat, buah ini juga kaya akan nutrisi. Serat, fitonutrien, dan antioksidan di dalam apel sangat baik untuk menunjang kesehatan tubuh, bahkan mencegah berbagai penyakit.

Selain itu, apel termasuk buah rendah kalori sehingga cocok untuk dijadikan camilan saat diet.

Manfaat Apel untuk Berbagai Penyakit

Berikut adalah beberapa penyakit yang dapat dicegah jika Anda rutin mengonsumsi apel.

·         Hiperkolesterolemia

Hiperkolesterolemia terjadi ketika kadar kolesterol melebihi nilai normal. Sebuah penelitian di Amerika menganalisis orang dewasa sehat yang meminum 350 ml jus apel atau makan 2 buah apel setiap hari. Hasilnya, kadar kolesterol mereka menurun hingga 20 persen setelah 6 minggu mengikuti diet apel.

Kandungan fitonutrien dalam apel berfungsi untuk melawan LDL (kolesterol “jahat”). Apel juga kaya akan pektin, yang merupakan serat larut yang efektif dalam menurunkan kadar kolesterol.

 

·         Penyakit Jantung

Terdapat sejumlah penelitian yang menunjukkan bahwa konsumsi buah dan sayuran berhubungan dengan penurunan risiko penyakit arteri koroner. Asupan jus apel atau apel secara moderat mampu mengurangi faktor risiko penyakit jantung dalam waktu cukup singkat.

Sebuah analisis studi juga menemukan bahwa asupan tinggi flavonoid – salah satu polifenol yang terdapat dalam apel — dikaitkan dengan rendahnya risiko stroke 20 persen.

Flavonoid dapat membantu mencegah penyakit jantung dengan menurunkan tekanan darah, mengurangi oksidasi LDL, dan bertindak sebagai antioksidan.

·         Kanker

Beberapa studi menunjukkan hubungan antara senyawa tanaman dalam apel dan risiko kanker yang lebih rendah. Para ilmuwan percaya bahwa efek antioksidan dan anti-inflamasi pada apel mungkin bertanggung jawab atas efek pencegahan potensial kanker.

Finland’s National Public Health Institute menyimpulkan, diet apel berhubungan dengan penurunan risiko pengembangan kanker. Studi ini melibatkan 9,959 pria dan wanita yang secara teratur mengonsumsi apel. Para peneliti juga menyampaikan, risiko kanker paru-paru turun sebesar 46 persen dari orang-orang yang konsumsi apelnya tinggi.

 

·         Asma

Apel yang kaya antioksidan diklaim dapat membantu melindungi paru-paru Anda dari kerusakan oksidatif. Para peneliti menemukan bahwa mereka yang sering mengonsumsi apel memiliki kualitas paru yang lebih baik dibandingkan seseorang yang tidak memakan apel.

Selain itu, sebuah penelitian besar yang dilakukan pada lebih dari 68.000 orang menemukan bahwa mereka yang makan paling banyak apel memiliki risiko asma terendah.

Kulit apel mengandung quercetin flavonoid, yang dapat membantu mengatur sistem kekebalan tubuh dan mengurangi peradangan. Ini adalah dua cara yang dapat memengaruhi perburukan asma dan reaksi alergi pada kambuhnya asma.

·         Alzheimer

Jus apel digadang-gadang memiliki manfaat untuk mencegah penurunan mental terkait usia. Dalam penelitian pada hewan, konsentrat jus apel mengurangi spesies oksigen reaktif berbahaya (ROS) dalam jaringan otak dan meminimalkan penurunan mental.

Jus apel dapat membantu menjaga keberadaan asetilkolin, yang merupakan neurotransmiter yang bisa menurun seiring bertambahnya usia. Tingkat asetilkolin yang rendah terkait dengan timbulnya penyakit Alzheimer.

Apel ternyata dapat membantu mencegah timbulnya berbagai penyakit, seperti penyakit jantung, paru, kanker dan asma. Terlebih lagi, kandungan serat larutnya dapat menurunkan berat badan dan menyehatkan usus. Maka, tak ada salahnya bagi Anda untuk mulai rutin mengonsumsi dua buah apel per hari. Selamat mencoba! (sbc-02/kdc)

 

 




Tinggalkan Balasan

error: