Search
Jumat 7 Agustus 2020
  • :
  • :

Ini Manfaat Daun Saga bagi Kesehatan Tubuh

Starberita – Jakarta, Mungkin belum banyak yang tahu apa itu daun saga. Padahal, kalau Anda melihat bentuk daunnya, bisa jadi Anda sudah tahu karena tanaman ini banyak terdapat di sekitar rumah. Nyatanya, manfaat daun saga sangat baik bagi tubuh.

Ya, daun saga sering kali tidak disadari keberadaannya. Daun dengan nama latin Abrus precatorius L. ini berukuran kecil, bersirip ganjil, dan memiliki rasa agak manis.

Kalau menemukan daun saga, sebaiknya Anda manfaatkan dengan baik. Tetapi, jangan coba main-main dengan bijinya. Diketahui, bijinya sangat beracun dan bisa membunuh manusia.

Sedangkan, daunnya dipercaya memiliki kandungan yang baik bagi tubuh sehingga dijadikan ramuan obat tradisional di Indonesia.

Manfaat Baik Daun Saga

Meski belum terlalu banyak terdengar, nyatanya daun saga tetap punya manfaat yang luar biasa. Menurut dr. Devia Irine Putri, dari berbagai penelitian, tumbuhan ini memang ada senyawa flavonoid (antioksidan), triterpene glycosides, abrin, dan alkaloids.

“Tumbuhan ini juga punya efek antibakteri, membantu mengontrol gula darah, dan meningkatkan sistem imun,” ujar dr. Devia.

Yuk, ketahui beberapa manfaat penting daun saga berikut ini:

1.  Mencegah Diabetes dan Kanker

Karena mengandung antioksidan, daun saga diketahui memiliki manfaat yang baik untuk tubuh. Antioksidan sejak lama dikenal mampu menangkal radikal bebas dalam tubuh yang biasanya menyebabkan penyakit kanker dan diabetes.

2.  Mengobati Sariawan

Kalau sudah kena sariawan, biasanya aktivitas makan dan berbicara jadi terganggu. Nah, daun saga dikenal sejak lama mampu mengatasi sariawan.

Ambil daun saga yang sudah dikeringkan di bawah sinar matahari. Kunyah daunnya, tapi jangan ditelan. Selain itu, Anda juga bisa membuat obat kumur alami dengan air rebusan daun saga.

Rebus 10 gram daun saga dengan 1/2 liter air sampai mendidih. Saring dan gunakan air rebusan 2-3 kali sehari.

3.  Melawan Bakteri Jahat

Dalam sebuah penelitian, daun saga diketahui mengandung senyawa saponin. Kandungan senyawa tersebut berkhasiat sebagai antibakteri pada kadar 0,09%.

Hasil pengujian pada ekstrak daun saga yang didapat adalah sebesar 1,19% yang berarti positif sebagai antibakteri karena telah melewati batas minimum pengujian sebelumnya.

4.  Mengatasi Diare

Ternyata, daun saga bisa Anda manfaatkan untuk mengobati diare, lho. Rebusan daun dan batang saga diketahui bisa mengatasi penyakit tersebut dan masalah pencernaan lainnya.

5.  Meredakan Panas Dalam

Sama seperti sariawan, panas dalam bukan tergolong masalah kesehatan berat. Tapi, kalau sudah mengalami hal ini, pasti Anda merasa tidak nyaman, bukan?

Untuk meredakan panas dalam, ambil sekitar 10-15 daun saga dan cuci bersih. Rebus daun saga dengan 2 gelas air, dan ambil setengah dari air yang tersisa. Tunggu sampai dingin, saring, kemudian bisa diminum.

6.  Meningkatkan Nafsu Makan

Anda juga bisa mengandalkan manfaat daun saga untuk meningkatkan nafsu makan. Daun saga mengandung vitamin B yang berfungsi membantu menambah nafsu makan.

7.  Merawat Rambut Rontok

Rambut Anda mudah rontok? Cobalah memakai daun saga untuk perawatan. Haluskan biji saga, lalu campur dengan air beras untuk membantu mengatasi rambut rontok dan mempertahankan keindahan rambut.

8.  Mengatasi Sakit Perut

Dalam pengobatan tradisional Afrika Timur, orang-orang di sana mengatasi sakit perut dengan daun saga yang diolah menjadi jus atau dimakan langsung.

Namun, sakit perut biasanya dapat diatasi dengan minum air putih yang cukup untuk melancarkan dan mengeluarkan racun lewat BAB, serta istirahat.

Hebat sekali, ya, khasiat daun saga diatas. Beberapa literatur menyimpulkan, daun saga cukup menjanjikan sebagai agen obat multiguna karena memiliki aplikasi farmakognostik dan farmakologis yang sangat potensial.

Itulah deretan manfaat daun saga yang bisa dicoba sebagai pengobatan alami. (sbc-02/kdc)

 

 




Tinggalkan Balasan

error: