Search
Selasa 11 Agustus 2020
  • :
  • :

Ini 5 Pemain Afrika Terbaik yang Pernah Tampil di Premier League

Starberita – Jakarta, Akan selalu ada pemain-pemain terbaik yang memenuhi kompetisi sepak bola nomor wahid di dunia, Premier League. Pemain-pemain itu beragam, datang dari berbagai benua untuk menjajal liga terbaik di dunia.

Diantara ribuan pendatang, ada pemain pemain spesial dari Benua Afrika. Benua satu itu dikenal penghasil pemain sepak bola yang bersinar di luar negeri.

Hampir setiap klub di Premier League memiliki pemain keturunan atau pemain yang memang lahir di salah satu negara benua Afrika.

Sebagai contoh, pada Januari 2020, Aston Villa menambah pemain baru dari Tanzania, Mbwanna Samatta. Ia mendarat ke Villa Park setelah tampil mengesankan bersama Genk.

Samatta mencetak gol saat melawan Bournemounth dalam laga debut. Catatan itu membuatnya masuk buku sejarah, sebagai orang Tanzania pertama yang mencetak gol di Premier League dalam laga debut.

Penyerang Aston Villa itu menjadi satu di antara harapan untuk mengikuti jejak legendaris para pemain Afrika di Premier League.

1. Didier Drogba

Didier Drogba merupakan pemain asal Pantai Gading yang besar bersama Chelsea. Ia sukses menjadi ujung tombak The Blues guna menghadirkan gol-gol.

Tanpa Drogba, Chelsea tak akan menjadi klub besar seperti sekarang. Ia pahlawan Chelsea di final Liga Champions 2012 melawan Bayern Munchen. Ia mencetak gol penyama kedudukan dan penentu kemenangan dalam adu tos-tosan.

Selama berkarier di Chelsea, Drogba juga telah memenangi empat gelar Premier League.

2. Yaya Toure

Yaya Toure merupakan generasi rekrutan pertama yang membuat Manchester City tampil dominan di Inggris. Mantan pemain Barcelona itu bertahan di Etihad Stadium selama delapan tahun.

Musim terakhir Toure di Manchester City ditutup dengan 20 gol dan sembilan assist. Menariknya, 10 gol diantaranya terjadi dari bola mati dari 13 kesempatan.

3. Michael Essien

Michael Essien merupakan pilar penting Chelsea di lini tengah pada 2005-2012. Dua musim sebelum Essien hengkang pada 2014, dihabiskan sebagai pemain pinjaman di Real Madrid dan AC Milan.

Essien mendapat julukan Bison karena daya jelajah di lini tengah. Ia juga memiliki akurasi tembakan jarak jauh yang luar biasa.

Selama berseragam Chelsea, Essien sukses mempersembahkan tiga trofi Piala FA, dua gelar Premier League, satu Piala Liga, dan satu Liga Champions.

4. Mohamed Salah

Mohamed Salah dikenal sebagai Raja Mesir di Merseyside akhir-akhir ini. Salah memecahkan rekor dengan 32 gol di musim pertamanya bersama Liverpool.

Torehan tersebut membuat Salah menjadi pemain Afrika paling subur dalam satu musim Premier League. Salah juga memiliki dua sepatu emas Premier League yang berada dalam lemarinya.

5. Riyad Mahrez

Riyad Mahrez mulai populer ketika sukses membawa Leicester City meraih gelar Premier League 2015-2016. Ia secara mengesankan berkontribusi dalam 27 gol Leicester City.

Mahrez juga menjadi orang afrika pertama yang memenangi penghargaan Pemain Terbaik PFA. Kini pemain berpaspor Aljazair itu membela Manchester City, tim bertabur uang di Inggris. (sbc-02/bol)

 




Tinggalkan Balasan

error: