Search
Minggu 12 Juli 2020
  • :
  • :

Wagubsu Harapkan Pengertian Masyarakat Untuk Tidak Mudik

Starberita – Medan, Wagubsu, Musa Rajekshah (Ijeck) mengatakan bahwa Pemerintah pusat telah melarang aktivitas mudik untuk seluruh daerah. Sebagaimana larangan itu disampaikan langsung oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo. Selain itu, pemerintah juga tidak menginginkan penyebaran virus sampai ke pelosok daerah yang jauh dari rumah sakit rujukan.

Oleh karenanya, Ijeck mengharapkan pengertian masyarakat, agar mereka tidak melakukan mudik atau pulang kampung jelang Hari Raya Idul Fitri 2020. Menurutnya, jika hal itu dilakukan, maka dapat mencegah dan mengantisipasi penyebaran wabah covid-19.

“Penyebaran covid-19 ini bisa datang dari luar dan dalam. Makanya, untuk tahun ini kita harapkan masyarakat tidak pulang mudik,” kata Ijeck saat ditemui di pelataran Kantor Gubsu, Rabu (22/4/2020).

Ia pun meminta kepada masyarakat untuk menyayangi anggota keluarga yang berada di kampung agar terhindar dari wabah covid-19. Sebab, katanya, tidak ada seorang pun yang mengetahui siapa yang terkena virus ini.

“Kita hindari penyebaran virus ini dengan tidak mudik. Karena kita sendiri tidak tahu siapa yang terkena virus ini,” sebut Ijeck.

Terpisah, Kadishub Sumut, Abdul Haris Lubis mengatakan bahwa pihaknya telah bekerjasama dengan instansi lain, terutama kepolisian guna mengimbau masyarakat agar tidak mudik.

“Kita sudah berkoordinasi dengan kepolisian dan instansi lainnya.  Kita minta agar masyarakat tidak mudik tahun ini,” kata Haris.

Selain itu, Haris mengaku bahwa pihaknya selalu menerapkan protokol kesehatan terhadap masyarakat yang datang dari luar menuju Sumut. Meskipun, jelasnya, Dishub Sumut tidak melarang angkutan umum ataupun bus yang ada untuk mengangkut penumpang.

“Kita tidak melarang angkutan umum beroperasi. Tetapi, di setiap terminal bus telah diterapkan protokol kesehatan. Kita himbau agar masyarakat tidak mudik. Karena kalau mereka mudik, mereka akan diisolasi selama 14 hari di daerah tujuan,” pungkas Haris. (sbc-05)




Tinggalkan Balasan

error: