Search
Jumat 10 Juli 2020
  • :
  • :

Liga Mahasiswa NasDem Sumut Desak Gubsu Ajukan PSBB

 
Starberita – Medan, Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi diminta harus segera mengajukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) ke Pemerintah Pusat ditengah penyebaran Corona Virus Diaseas 2019 (Covid 19) di provinsi ini.
“Sudah tidak ada alasan lagi bagi Gubsu untuk tidak mengajukan PSBB ke Pemerintah Pusat dikondisi sekarang.
Pelan tapi pasti jumlah kasus Covid-19 yang terjadi di Sumut kian memprihatinkan. Lima kab/kota telah ditetapkan sebagai zona merah,” kata Ketua Liga Mahasiswa DPW Partai NasDem Sumut, Zulhamdani Napitupulu
didampingi Sekretaris Liga Mahasiswa Sumut Faisal Ananda Batubara kepada wartawan di Medan, Senin (20/4/2020).
Menurut Zulham, dari data yang dirilis, jumlah kasus positif Covid 19 sebanyak 103 orang dan pasien dalam pengawasan (PDP) sebanyak 144 orang. Karena itu, sudah selayaknya Gubsu mengajukan PSBB, karena dengan segala keterbatasan yang dimiliki, dikhawatirkan akan kewalahan jika terjadi lonjakan kasus Covid 19.
Zulham juga menerangkan, bahwa Pemerintah Pusat melalui PP Nomor 21 tahun 2020 tentang PSBB Dalam Rangka Percepatan penanganan Covid-19 sesungguhnya telah membuka opsi bagi provinsi terdampak untuk mengajukan dengan syarat tertentu.
“Dan kami menilai Sumut telah memenuhi syarat untuk mengajukan PSBB seperti Provinsi Riau yang telah memberlakukan untuk Kita Pekan Baru. Lalu Sumatera Barat (Sumbar) juga telah menetapkan PSBB. Padahal jumlah kasusnya lebih sedikit dibanding Sumut,” ucapnya.
Zulham meyakini bahwa anggaran Rp1,5 triliun yang telah disiapkan oleh dan ditambah dengan anggaran kabupaten/kota akan berguna untuk warga yang terdampak Covid 19.
“Hal yang paling mendesak dari penerapan PSBB ini adalah untuk mengantisipasi mobilitas warga yang tinggi saat bulan Ramadhan dan menjelang Idul Fitri. Tentunya akan banyak warga yang mudik baik masuk maupun meninggalkan Sumut. Selain itu juga untuk mempercepat menghentikan penularan dan penyebaran COVID-19 di Sumut,” pungkasnya. (sbc-03).



Tinggalkan Balasan

error: