Search
Senin 13 Juli 2020
  • :
  • :

DPRD Sumut Desak Tirtanadi Segera Gratiskan Rekening Air

 

Starberita – Medan, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) Baskami Ginting memerintahkan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtanadi agar segera menggratiskan rekening air bagi masyarakat pelanggan selama pandemic Corona Virus Diaseas 2019 (Covid 19) karena berdampak pada tingkat kesulitan ekonomi rakyat.

“Gubernur Sumut (Gubsu) Edy Rahmayadi selaku pemilik perusahaan daerah perlu meringankan beban masyarakat pelanggan dengan menggratiskan rekening air selama 3 bulan (April, Mei dan Juni), karena rakyat saat ini sangat terpuruk akibat wabah Covid-19,” katanya kepadad wartawan di Gedung Dewan Jalan Imam Bonjol Medan, Jumat (17/4/2020).

Menurut Baskami, Tirtanadi sebagai perusahaan daerah yang mengelola air minum harusnya ikut berkontribusi meringankan masyarakat terkhusus pelanggannya seperti kebijakan pemerintah pusat pembebasan biaya tagihan listrik 3 bulan untuk 24 juta pelanggan listrik 450VA dan diskon 50 persen untuk 7 juta pelanggan 900 VA bersubsidi.

“Kebijakan pemerintah pusat yang ditandatangani Presiden Joko Widodo itu hendaknya diikuti Gubsu dengan mengeluarkan kebijakan yang sama dengan menggratiskan rekening air Tirtanadi kepada masyarakat pelanggan yang sangat terdampak oleh virus Covid-19,” ujarnya.

Sebelum kebijakan gratis rekening air diterapkan, Politisi PDI Perjuangan ini menyarankan Tirtanadi melakukan Mapping atau memetakan semua jumlah pelanggan Tirtanadi dan selanjutnya Gubernur secepatnya mengeluarkan Pergub  sebagai payung hukumnya.

“Yang acuannya  bisa diadopsi dari yang telah disampaikan Presiden Jokowi,” sarannya.

Menurut anggota dewan dari dapil Sumut II ini lagi, Direksi Tirtanadi tidak perlu terlalu lama mengkaji-kaji rencana menggratiskan rekening air selama pandemi Covid 19, karena perusahaan daerah tersebut sudah memiliki data pelanggan secara Online dan webs, sehingga dapat dengan cepat memilah pelanggan yang digratiskan rekening airnya.

Karena, lanjut Baskami, masyarakat sedang membutuhkan bantuan saat ini. Sekecil apapun bantuan itu bentuknya, sangat membantu masyarakat dalam situasi kondisi wabah corona berdampak terhadap sosial ekonomi masyarakat.

“Jadi semua pihak kita harapkan ikut berkontribusi nyata dan aktif. DPRD Sumut sebagai lembaga pengawasan, tentu akan terus menuntut agar Tirtanadi ikut peduli membantu masyarakat disituasi sulit sekarang ini,” pungkasnya. (sbc-03)

 




Tinggalkan Balasan

error: