Search
Minggu 7 Juni 2020
  • :
  • :

Akhyar Apresiasi Warga Buat Masker Kain

Starberita – Medan, Plt Walikota Medan, Akhyar Nasution, sangat mengapresiasi pembuatan masker yang kain oleh warga di Kota Medan, pasalnya, ketersediaan masker sangat diperlukan masyarakat di tengah pandemi wabah Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

“Saya mengucapkan terima kasih karena telah berpartsipasi membuat masker. Warga sepertinya dapat membaca peluang positif di tengah wabah yang kini menjangkit,” kata Akhyar Nasutin ketika mengunjungi para pembuat masker kain di Jalan Seto, Gang Karya Budi, Kecamatan Medan Area, Jumat (10/4/2020).

Salah seorang warga, Abdul Muis (48) mengaku, sehari-harinya dirinya biasa menerima orderan jahitan dan jasa sablon. Namun, ide untuk membuat masker muncul saat angka kasus Covid-19 mulai meningkat di Kota Medan.

Selain itu, katanya, dirinya berinisiatif membuat masker karena didukung pihak kelurahan dan kecamatan. “Terbukti, hingga saat ini para pengrajin terus menerima orderan dari berbagai pihak, bahkan dari luar kota berkat promosi yang dibantu pihak kelurahan dan kecamatan,” kata Muis.

Muis menyampaikan, ada 8 KK yang memproduksi masker dengan pengerjaan yang dibagi secara merata. “Harganya Rp3.500/masker. Kami bisa menghasilkan sebanyak 2.500 masker setiap hari,” kata Muis kepada Walikota.

Akhyar sendiri terus mendorong para pengrajin untuk tetap memproduksi masker kain. Sebab, itu sangat membantu masyarakat untuk dengan mudah mendapatkan masker kain.

Apalagi, Akhyar, juga mewajibkan seluruh warga agar menggunakan masker saat beraktifitas di luar rumah sebagai upaya pencegahan penularan  dan penyebaran Covid-19.

Tidak hanya meninjau proses pembuatannya, Akhyar, juga membeli ratusan masker kain yang telah siap untuk digunakan. Sontak, kehadiran Akhyar di pemukiman warga cukup mengundang perhatian masyarakat.

Terbukti, saat Akhyar beranjak dari rumah pengrajin tersebut, warga terlihat memanggilnya. Tidak hanya menyapa, Akhyar juga membagikan masker kain yang telah dibelinya kepada warga.

“Bapak ibu, saat ini kita diwajibkan untuk menggunakan masker saat beraktifitas keluar rumah. Tidak terkecuali bagi siapapun. Sebab, ini upaya kita untuk mencegah diri agar tidak tertular atau bahkan menularkan Covid-19 ke orang lain. Jangan anggap sepele. Namun, kita harus tetap tenang, jangan panik dan senantiasa memperhatikan kebersihan tangan,” kata Akhyar.Selain itu, Akhyar, juga tidak ragu menegur warga yang masih kedapatan tidak memakai masker saat di luar rumah. Akhyar berpesan agar disiplin dan patuh dalam mengikuti anjuran, himbauan yang disampaikan pemerintah.

“Sayangi diri dan keluarga serta orang sekitar kita. Memutus mata rantai penyebaran Covid-19 ini bisa kita lakukan jika kita patuh dan disiplin pada semua aturan yang ditetapkan. Ingat, selalu bersihkan tangan, jaga jarak dan kurangi aktifitas di luar rumah,” pesannya.

Terkait pembuatan makser kain oleh warga, Akhyar, mengatakan hal ini menunjukkan bahwa masker tersedia banyak di Kota Medan.

“Jadi, tidak alasan bagi kita untuk tidak menggunakan masker. Harga yang dijual dipasaran cukup terjangkau. Maka mari pakai, sayangi diri, keluarga dan orang-orang di sekitar kita,” ungkapnya. (sbc-02)

 




Tinggalkan Balasan

error: