Search
Selasa 14 Juli 2020
  • :
  • :

Kades Helvetia Imbau Masyarakatnya Wajib Gunakan Masker

Starberita – Helvetia, Imbauan Pemerintah pusat yang menegaskan agar seluruh masyarakat Indonesia diwajibkan menggunakan masker, ternyata mendapat sambutan baik dari Kepala Desa Helvetia, Agus Sailin.

Agus mengatakan bahwa pihaknya akan menghimbau seluruh masyarakat Desa Helvetia untuk selalu menggunakan masker apabila terpaksa melakukan aktifitas diluar rumah. Hal tersebut dilakukannya terkait dengan imbauan Pemerintah Pusat yang mewajibkan setiap orang agar menggunakan masker guna mencegah penyebaran pandemi covid-19 lebih luas.

“Soal imbauan Pemerintah yang mewajibkan menggunakan masker ini akan saya sampaikan ke masyarakat di Desa Helvetia. Karena tujuannya adalah untuk mencegah penyebaran covid-19, dan untuk kebaikan kita semua,” sebut Agus saat ditemui di Kantor Desa Helvetia, Rabu (8/4/2020).

Selain itu, guna mencegah penyebaran covid-19, Agus pun menyampaikan bahwa saat ini pihaknya juga tengah menyiapkan wadah untuk mencuci tangan yang akan diletakkan di halaman kantor desa.

“Kita juga sedang akan siapkan tempat untuk mencuci tangan itu disini. Dan barangnya itu sekarang sedang dibuat,” bebernya.

Dikatakan padanya soal masih banyaknya perangkat desa yang belum selalu menggunakan masker saat beraktifitas, Agus pun mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan masker untuk para perangkat dessa. Oleh karenanya, ia pun akan menegaskan kembali kepada seluruh perangkat desa yang ada agar selalu menggunakan masker saat beraktifitas, baik di dalam maupun diluar Kantor Desa.

“Nanti akan saya ingatkan lagi ke mereka (perangkat desa) agar selalu menggunakan masker. Karena kita juga sudah menyediakannya,” tegasnya seraya menghimbau kembali agar seluruh masyarakat Desa Helvetia selalu menggunakan masker saat beraktifitas diluar rumah.

“Jika tidak ada masker bedah, pakai masker kain juga bisa. Dengan catatan, penggunaannya itu tidak boleh lebih dari 4 jam. Dan setelah 4 jam maka masker kain itu harus dicuci dengan menggunakan sabun,” tambah Agus.

Sebagaimana diketahui, Juru bicara pemerintah untuk penanganan Covid-19, Achmad Yurianto menegaskan bahwa pemerintah menjalankan program ‘masker untuk semua’ per 5 April 2020 sesuai anjuran Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Yuri pun menjelaskan, masyarakat harus menggunakan masker kain jika hendak keluar rumah. Dan dianjurkannya, penggunaan masker kain tersebut tidak lebih dari 4 jam lalu kemudian harus di cuci dengan sabun.

“Semua harus menggunakan masker. Masker bedah dan masker N95 hanya untuk petugas kesehatan. Gunakan masker kain. Ini menjadi penting, karena kita tidak pernah tahu orang tanpa gejala didapatkan di luar,” ujar Yuri saat memberikan keterangan dalam konferensi pers secara live streaming pada Minggu (5/4/2020). (sbc-05)




Tinggalkan Balasan

error: