Search
Kamis 16 Juli 2020
  • :
  • :

Usulan Gratiskan Air 3 Bulan, Tirtanadi Jangan Terlalu Lama Mengkaji

Starberita – Medan, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) mendesak Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtanadi agar jangan terlalu lama mengkaji soal usulan dewan supaya menggratiskan rekening air selama 3 bulan (April, Mei dan Juni) kepada masyarakat pelanggan. Sebab rakyat saat ini sangat terpuruk akibat pandemi Virus Covid 19 (Corona).
“Jangan terlalu lama PDAM Tirtanadi mengkajinya, segerakan menggratiskan rekening air selama tiga bulan, karena masyarakat sedang membutuhkan bantuan akibat dampak Covid-19 saat ini. Sebagai lembaga pengawasan, DPRD Sumut tentu akan terus menuntut hal itu,” kata Ketua DPRD Sumut, Baskami Ginting kepada wartawan di Gedung Dewan Jalan Imam Bonjol Medan, Senin (6/4/2020) ketika  menanggapi Direktur Utama (Dirut) PDAM Tirtanadi Trisno Sumantri yang mengaku sedang melakukan kajian guna memberikan keringanan pembayaran tagihan air kepada pelanggan akibat dampak dari Virus Corona.
Menurut Baskami, Tirtanadi harus siap berkontribusi meringankan masyarakat terkhusus pelanggannya, ditengah wabah Corona seperti stimulus ekonomi yang sebelumnya telah diluncurkan Pemerintah Pusat, berupa pembebasan biaya listrik 3 bulan untuk 24 juta pelanggan listrik 450 VA, dan diskon 50 persen untuk 7 juta pelanggan 900 VA bersubsidi.
Baskami juga menegaskan, tidak hanya BUMD di Sumut yang dituntut untuk ikut membantu masyarakat, tapi juga BUMN yang beroperasi diwilayah ini ditantang untuk ikut berpartisipasi menyisihkan keuntungannya untuk rakyat Sumut
“Sekecil apapun itu bentuknya, kita ingatkan agar ikut membantu masyarakat. Wabah Corona ini memang harus dihadapi dan ditanggulangi bersama terutama dalam bentuk bantuan kepada warga yang benar-benar terdampak,” tandas politisi PDI Perjuangan ini.
Baskami mengungkapkan bahwa wabah Covid-19 ini berakibat pada sosial ekonomi masyarakat. Jadi semua pihak mesti ikut berkontribusi nyata dan aktif.
“Pemerintah Pusat sudah menggratiskan dan memberi diskon untuk pelanggan listrik, sekarang kita tunggu Tirtanadi juga harus memberi stimulus kepada pelanggan ekonomi menengah  kebawah,” cetusnya.
Begitu juga dengan BUMD-BUMD lainnya, seperti PT Bank Sumut, PT Perkebunan Sumut, PT PPSU, PT Dirga Surya dan lainnya, Baskami menantang agar ikut membantu masyarakat, karena dampak sosialnya sangat besar
dari wabah yang terjadi sekarang ini.
“Momen ini harus dimanfaatkan seluruh BUMD maupun BUMN di Sumut, untuk melaksanakan tanggung-jawab sosial diluar kebiasaan yang telah mereka lakukan melalui program Corporate Social Responsibility (CSR),” tegas Baskami.
Berkaitan dengan itu, Baskami kembali mengingatkan bahwa bencana Covid-19 ini tidak bisa hanya pemerintah saja yang menanggulangi. Tapi seluruh elemen harus bergerak bersama agar Indonesia dan Sumut khususnya mampu mengatasi wabah Corona ini.
“Orang yang berlebih harus membantu orang yang kekurangan di lingkungannya, karena ada dampak sosial ekonomi akibat Covid-19,” pungkasnya seraya mengetuk hati para pengusaha swasta, BUMD dan BUMN agar ikut membantu kesusahan masyarakat.
Seperti diketahui, setelah adanya desakan dari DPRD Sumut agar rekening air Tirtanadi digratiskan selama 3 bulan, Dirut Tirtanadi Trisno Sumantri mengatakan pihaknya saat ini sedang melakukan kajian guna memberi keringanan pembayaran tagihan air kepada pelanggan yang terdampak wabah Corona.
Namun, pihaknya tidak merinci bentuk atau skema kompensasi apa yang akan diberikan kepada pelanggan. Apakah akan menggratiskan tagihan air selama beberapa bulan ke depan, atau hanya memberi potongan kewajiban bayar saja untuk konsumen. (sbc-03).



Tinggalkan Balasan

error: