Search
Minggu 7 Juni 2020
  • :
  • :

Gubsu Diminta Segera Penuhi Kebutuhan APD Untuk Tim Medis

 

Starberita – Medan, Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi diingatkan agar segera memenuhi kebutuhan alat pelindung diri (APD) bagi tim medis/dokter yang menangani pasien yang terinfeksi Virus Covid 19 di Sumut.

“Saat ini masih banyak rumah sakit seperti Rumah Sakit Adam Malik, Rumah Sakit dr Pirngadi Medan, Rumah Sakit Universitas Sumatera Utara (USU) yang kekurangan APD untuk tim medis/dokter mereka. Bagaimana mereka (Tim medis/dokter,red) bisa bekerja, jika kebutuhan APD masih kurang,” kata Anggota Komisi E Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumut, dr Poaradda Nababan kepada wartawan di Medan, Senin (30/3/2020).

Menurut Poaradda, tim medis atau dokter yang bertugas dalam penanganan Virus Covid 19 wajib memakai APD. Karena apabila mereka (Tim medis/dokter,red) tidak memakai APD maka akan membayakan diri mereka.

“Bayangkan saja kalau semua petugas medis sakit, maka negara ini akan kacau dan bisa dipastikan akan ada tim medis yang resign dari rumah sakit tempat mereka bekerja jika dalam penanganan Virus Corona ini tidak dilengkapi APD,” ketusnya seraya menambahkan apabila sempat ada isu dokter mogok kerja, bisa dibayangkan seperti apa kondisi kesehatan di negara ini, khususnya Sumut.

Namun, lanjut Politisi PDI Perjuangan ini, dirinya berkeyakinan para dokter tidak akan mogok. Akan tetapi mereka tidak akan bisa bekerja jika tidak dilengkapi dengan APD.

Untuk itu, Poaradda mengingatkan agar semua elemen masyarakat khususnya kepala lingkungan (Kepling) ataupun kepala dusun (Kadus) disetiap daerah menjadi garda terdepan untuk mengingatkan masyarakat untuk rajin membersihkan diri, rumah dan lingkungan karena sangat efektif dalam mencegah penyebaran Corona.

“Karena apapun ceritanya, dengan membatasi diri adalah langkah untuk menghentikan penyebaran. Karena masa inkubasi Virus Covid 19 ini selama 14 hari. Sekali lagi saya ingatkan bahwa waspada itu harus, tapi jangan terlalu takut karena bisa menurunkan daya tahan tubuh. Kalau saya tahan tubuh sudah berkurang maka sangat rentan,” tandasnya. (sbc-03)

 




Tinggalkan Balasan

error: