Search
Rabu 3 Juni 2020
  • :
  • :

Tak Cukup Physical Distancing, Yuk Penuhi Nutrisi Makanan demi Lawan Corona

Starberita – Jakarta, Di situasi pandemi virus corona Covid-19 seperti ini, kamu harus selalu tetap waspada dan menjaga kesehatan. Salah satunya adalah menambah imunitas tubuh, dengan asupan yang mengandung vitamin.

Kalau sekadar makan sayur dan buah saja tidaklah cukup. Maka kamu haris menambah asupan nutrisi lainnya yang mengandung beberapa vitamin dan mineral lainnya.

Ditambah dengan menerapkan pola tidur normal dan olahraga yang sehat. Berikut adalah beberapa nutrisi sehat terbaik yang dibutuhkan untuk meningkatkan imunitas. Yuk simak!

Vitamin C

Kamu dapat mengonsumsi sayuran hijau seperti bayam dan kangkung, paprika, kubis brussel, stroberi dan pepaya juga merupakan sumber yang sangat baik. Faktanya, vitamin C ada dalam begitu banyak makanan. Sehingga kebanyakan orang mungkin tidak perlu mengonsumsi suplemen, kecuali seorang dokter menyarankannya.

Vitamin E

Seperti vitamin C, vitamin E dapat menjadi antioksidan kuat yang membantu tubuh Anda melawan infeksi. Almond, kacang tanah, hazelnut, dan biji bunga matahari semuanya kaya vitamin E. Begitu juga bayam dan brokoli jika Anda lebih suka menambah asupan melalui makanan daripada makanan ringan.

Vitamin A

Untuk vitamin A bisa didapat dari makanan warna-warni. Atau yang disebut penuh karotenoid. Seperti wortel, ubi jalar, labu, blewah dan labu, semuanya merupakan pilihan yang bagus. Tubuh mengubah karotenoid ini menjadi vitamin A, sehingga memiliki efek antioksidan untuk membantu memperkuat imunitas tubuh melawan infeksi.

Vitamin D

Kamu dapat menambah asupan vitamin D melalui makanan, seperti ikan berlemak (salmon, mackerel, tuna, dan sarden) dan makanan yang diperkaya seperti susu, jus jeruk, dan sereal. Banyak orang kesulitan menyerap vitamin D dari makanan, jadi jika kamu memiliki kekurangan vitamin D, bicarakan dengan dokter Anda tentang suplemen.

Asam folat

Folat adalah bentuk alami, dan asam folat adalah bentuk sintetis, sering ditambahkan ke makanan, karena manfaatnya baik bagi kesehatan. Untuk mendapatkan lebih banyak folat, tambahkan lebih banyak kacang dan kacang polong ke piring kamu secara teratur, serta sayuran hijau berdaun. Kamu juga bisa mendapatkan asam folat dalam makanan, seperti roti yang diperkaya, pasta, nasi, dan produk biji-bijian 100 persen lainnya.

Besi

Zat besi, yang membantu tubuh kamu membawa oksigen ke sel, hadir dalam berbagai bentuk. Tubuh kamu dapat lebih mudah menyerap zat besi. Makanan zat besi banyak terdapat pada ayam dan seafood. Tapi jangan takut, buah dan sayuran juga ada yang mengandung zat besi, seperti kacang, brokoli dan kangkung.

Selenium

Selenium memiliki efek yang kuat pada sistem kekebalan tubuh, termasuk potensi untuk memperlambat respons tubuh yang terlalu aktif terhadap bentuk kanker agresif tertentu. Kamu bisa menemukannya di bawang putih, brokoli, sarden, tuna, brazil nuts dan barley, di antara makanan lainnya.

Seng

Kamu dapat menemukan seng dalam tiram, kepiting, daging tanpa lemak dan ayam, bebek, kacang panggang (lewati jenis dengan tambahan gula), yogurt, dan kacang buncis. Seng muncul untuk membantu memperlambat respons kekebalan dan mengendalikan peradangan di tubuh Anda. (sbc-02/okz)

 

 




Tinggalkan Balasan

error: