Search
Minggu 7 Juni 2020
  • :
  • :

Poaradda: Bagian Dalam Mobil Juga Harus Disemprot Disinfektan 

 

Starberita – Medan, Banyak cara dalam mencegah penyebaran atau membunuh Virus Covid 19 yang saat ini semakin meresahkan masyarakat dunia. Diantaranya melakukan penyemprotan cairan disinfektan pada kendaraan terutama didalam mobil baik milik pribadi, mobil dinas, terkhusu angkutan umum.

“Pasalnya, suhu ruangan didalam kendaraan roda empat cenderung lembab. Sementara Virus Covid 19 (Corona) tidak dapat bertahan diatas suhu 27 derajat. Dan mampu bertahan diruangan yang lembab. Kalau diruangan terbuka Virus Corona sudah terkena sinar matahari. Selain itu juga disarankan kepada masyarakat agar selalu membersihkan kendaraannya dengan deterjen atau shampo sebelum pergi dan pulang dari aktifitas. Begitu juga dengan pakaian yang dikenakan. Dan ada baiknya saat memparkirkan kendaraan, pilih tempat yang terkena sinar matahari agar Virus Corona itu mati,” kata Anggota Komisi E Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumatera Utara (Sumut) dr Poaradda Nababan kepada wartawan di Gedung Dewan Jalan Imam Bonjol Medan, Senin (30/3/2020).

Tidak hanya itu, lanjut Poaradda, Psical Distancing juga merupakan langkah yang tepat dalam memutus mata rantai penyebaran Virus Corona. “Ya kalau tidak ada keperluan penting, baiknya di rumah saja,” ucapnya.

Poaradda juga menyinggung isu tentang tutupnya restaurant dan tempat jajanan yang dinilai tidak tepat, karena akan semakin menyusahkan rakyat. Langkah yang tepat adalah dengan tidak menyediakan kursi dan meja untuk makan atau minum ditempat, melainkan barang yang dibeli langsung dibawa pulang.

“Apalagi toko yang menjual kebutuhan. Bahan pokok. Jangan ditutup nanti akan semakin memperparah kondisi. Tetap saja buka. Karena rakyat butuh Sembako. Kalau kita terlalu takut menghadapi Pandemi Corona ini, itu jauh lebih berbahaya. Tapi jangan anggap remeh karena lebih parah nanti. Jadi tetap waspada dan lakukan langkah-langkah yang sudah diberitahu oleh pemerintah untuk pencegahannya,” tegasnya.

Tidak hanya itu, Politisi PDI Perjuangan ini juga meminta agar kepala lingkungan (Kepling) ataupun kepala dusun (Kadus) di setiap daerah menjadi garda terdepan untuk mengingatkan masyarakat untuk rajin membersihkan diri, rumah dan lingkungan karena sangat efektif dalam mencegah penyebaran Corona.

“Karena apapun ceritanya, dengan membatasi diri adalah langkah untuk menghentikan penyebaran. Karena masa inkubasi Virus Covid 19 ini selama 14 hari. Sekali lagi saya ingatkan bahwa waspada itu harus, tapi jangan terlalu takut karena bisa menurunkan daya tahan tubuh. Kalau saya tahan tubuh sudah berkurang maka sangat rentan,” tandasnya. (sbc-03)




Tinggalkan Balasan

error: