Search
Jumat 5 Juni 2020
  • :
  • :

Pemkab Asahan Catat 754 ODP Virus Corona

Starberita – Kisaran, Hingga hari Sabtu 28 Maret 2020, data yang dihimpun Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kabupaten Asahan dari Dinas Kesehatan Kab. Asahan terkait jumlah warga Asahan yang masuk kategori orang dalam pemantauan (ODP) virus Corona atau Covid-19 terus meningkat.

“Jumlah masuk ODP dari 25 kecamatan hingga Sabtu petang jam 14.00 wib. mencapai 754 orang. Orang sehat dalam pemantauan 723, orang sakit dalam pemantauan 31, selesai karantina 42, total orang dalam pemantauan 712 orang,” ungkap Kadis Kominfo Kab. Asahan Rahmad Hidayat melalui Kabid Pemberitaan Arbin Tanjung kepada andalas, Minggu (29/3). Meski demikian peningkatan status ODP menjadi pasien dalam pengawasan (PDP) nihil.

Untuk meminimalisir peningkatan ODP yang signifikan tersebut, lanjut Arbin, Bupati Asahan berdasarkan Keputusan presiden RI No.7 tahun 2020 tentang gugus tugas percepatan penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) menghimbau seluruh masyarakat untuk tidak panik dalam menghadapi kasus Covid-19 dan selalu menerapkan pola hidup bersih dan sehat, dan bijaksana menyikapi berbagai informasi yang dapat menimbulkan kerawanan di tengah-tengah masyarakat.

Tidak menghadiri kegiatan yang menimbulkan orang banyak, meminimalkan aktifitas diluar rumah, menghindari kontak fisik, menghindari tempat keramaian, menjaga tempat kerja dan tempat tinggal agar tetap bersih, rutin mencuci tangan agar bersih, menggunakan masker bila batuk dan pilek, bila ada anggota keluarga yang batuk, pilek dan sesak nafas segera dibawa ke Puskesmas atau rumah sakit terdekat, mengkonsumsi giji seimbang rajin olahraga dan istirahat yang cukup.

Selain itu sesuai anjuran Bupati Asahan kepada OPD terkait di lingkungan Pemkab Asahan agar menganggarkan peralatan yang menjadi alat pencegahan penyebaran virus Covid-19 disetiap instansi dan menjadikan anggaran ini prioritas utama. “Pemkab Asahan akan terus merespon setiap informasi yang kita dapatkan dan kita harus bersama-sama mencegah penyebaran Covid-19 di Kabupaten Asahan, karena ini merupakan tugas kita bersama,”pungkas Arbin. (sbc-05/drh)




Tinggalkan Balasan

error: