Search
Rabu 3 Juni 2020
  • :
  • :

Terkelin: Kerja Tahun di Karo Simbol Kedaulatan Pangan

Starberita – Kabanjahe, Pesta Budaya “Kerja Tahun Nimpa Bunga Benih” dalam masyarakat Kabupaten Karo, adalah simbol kedaulatan pangan, jati diri, ucapan syukur dan penghargaan kepada alam dan penciptanya.

“Budaya agraris masyarakat Kabupaten Karo ini adalah sebuah social heritage yang perlu dijaga, dirawat dan diwarisi,” pesan Bupati Karo, Terkelin Brahmana

Hal itu disampaikan Terkelin didampingi anggota Komisi V DPR RI, Bob Andika Mamana Sitepu, Kepala Bappeda Ir. Nasib Sianturi, Msi, Kadis PUPR Edward Pontianus Sinulingga, Camat Naman Teran Dwikora Sitepu, Kabid DPMD, Tomi Keliat di Jambur Desa Ndeskati Kecamatan Naman Teran, Kabupaten Karo. Jumat (6/3/2020).

“Kerja Tahun Nimpa Bunga Benih sangat populer masa dahulu maupun masa sekarang ini, walaupun perubahan zaman semakin modern dan canggih, akan tetapi pesta budaya Kerja Tahun ngerires atau nimpa bunga benih tidak tergerus akan perkembangan zaman,” ujar Bupati.

Bupati Karo juga dalam kesempatan itu mengajak generasi muda, kaum milenial, “Ikuti  zamanmu jangan tinggalkan budayamu, filosofi ini layak menjadi refrensi bagi generasi muda dalam merefleksikan pesta budaya kerja tahun,” terang Terkelin Brahmana.

Bupati juga menerima usulan Kepala desa setempat, terkait jalur evakuasi  pengungsi Gunung Sinabung untuk ditindaklanjuti, terlebih desa Ndeskati berada di seputaran Gunung Sinabung. “Dalam waktu dekat, saya akan turun bersama dinas terkait melihat jalur evakuasi yang terlantar,” ucapnya.

Sementara anggota DPR RI, Bob Andika Mamana Sitepu, menjelaskan, tahun 2020 ini khusus desa Ndeskati program pusat telah saya lobi dan akan disalurkan berupa program bedah rumah dari Kementerian PUPR, sebanyak 30 unit rumah.

“Iya, 30 unit khusus untuk desa Ndeskati sekitar lingkar Gunung Sinabung saja, sedangkan untuk se-Kabupaten Karo, nantinya sudah ada 658 unit bedah rumah disiapkan dan  program ini akan  berjalan tahun 2020 semuanya,” kata Bob dari Fraksi PDI Perjuangan ini.

Camat Naman Teran, Dwikora Sitepu, mengucapkan terimakasih dan apresiasinya kepada Bupati Karo maupun Bob Andika Mamana Sitepu.

Dia juga menjelaskan historis singkat Pesta Budaya Kerja Tahun nimpa bunga benih, bahwa dulu awalnya di Kecamatan Naman Teran dilaksanakan setiap bulan Oktober setiap tahun. Seiring perjalanan waktu, masyarakat desa Ndesakti akhirnya mengalihkan pelaksanaan kerja tahun nimpa bunga benih ke bulan Maret, karena masyarakat menganggap di bulan ini membawa berkah dan rejeki, ucapnya. (sbc-05/drh)




Tinggalkan Balasan

error: