Search
Kamis 6 Agustus 2020
  • :
  • :

Benarkah Serangan Jantung Hanya Rentan bagi Orangtua? Ini Faktanya

Starberita – Jakarta, World Health Organization (WHO) pada 2017 menyebutkan penyakit jantung adalah penyumbang kematian terbesar di dunia. Diperkirakan pada tahun sebelumnya 17,9 juta orang meninggal karena penyakit tersebut.

Sementara itu mungkin sebagian orang beranggapan bahwa penyakit jantung hanya rentan bagi orangtua. Pertanyaannya, benarkah anggapan tersebut?

Jika Anda merupakan salah satu orang yang menganggap demikian, bisa dipastikan Anda salah besar. Konsultan Kardiologi Intervensi Rumah Sakit Awal Bros, dr. Dasdo Antonius Sinaga, SpJP(K), FIHA, pun mencoba untuk menjelaskan anggapan yang tersebut.

“Penyakit jantung terjadi karena adanya penyumbatan pembuluh darah jantung yang dikenal sebagai pembuluh arteri koroner. Pembuluh atau urat koroner bisa mengalami penyempitan akibat adanya kerak atau plak lemak yang menempel pada dindingnya,” ucapnya.

Dokter Dasdo mengatakan bahwa plak tersebut sudah terbentuk sejak di usia dini (anak-anak atau remaja). Sementara pada usia yang lebih tua, arteri koroner akan mengalami penyumbatan (istilah lain untuk penyempitan yang sudah parah).

“Saat ini serangan jantung diketahui terjadi pada usia yang lebih muda. Tak jarang di umur 30-40 tahun, bahkan di usia 20-an tahun, terutama jika mengidap penyakit diabetes (penyakit gula) atau memiliki kebiasaan merokok,” pungkasnya. (sbc-02/okz)

 




Tinggalkan Balasan

error: