Search
Jumat 10 April 2020
  • :
  • :

Ini 3 Cara Mencegah Bahaya Serangan Jantung

Starberita – Jakarta, Berita meninggalnya aktor Ashraf Sinclair, suami Bunga Citra Lestari, kembali mengingatkan akan bahaya laten serangan jantung. Tak dipungkiri serangan jantung masih menjadi momok menakutkan di tengah masyarakat saat ini.

Menurut Dokter Spesialis Jantung, dr. Vito A. Damay Sp. JP(K), serangan jantung terjadi akibat adanya penyumbatan di pembuluh darah menuju jantung. Akibatnya, jantung tidak mendapatkan pasokan oksigen dan makanan.

Bila hal ini dibiarkan, fungsi jantung akan terganggu. Bahkan bisa menyebabkan sel-sel jantung mati hingga akhirnya berhenti memompa darah. Hal ini tentu berdampak pada bahaya kematian yang mengintai.

Selain mengenali gejala-gejalanyanya, salah satu hal penting yang harus diketahui adalah bagaimana para penderita sebisa mungkin mencegah serangan jantung. Tentu saja dengan pola hidup yang sehat dan meninggalkan kebiasaan yang dapat memicu serangan jantung.

Dalam kesempatan ini, redaksi mencoba merangkum beberapa gaya hidup yang umumnya dapat memicu serangan jantung.

Tinggalkan kebiasaan merokok
Merokok memang pantas ditempatkan sebagai musuh nomor satu untuk para penderita masalah jantung. Hal itu diungkapkan Joseph Alpert, MD, seorang ahli jantung di University of Arizona Sarver Heart Center. Ia menambahkan, orang yang menghisap sebungkus rokok dalam sehari akan dua kali lebih besar terkena serangan jantung. Dari sebua studi diketahui, ketika orang berhenti merokok, mereka dapat mengurangi risiko serangan jantung sebanyak 36 persen.

Olahraga rutin
Menurut beberapa hasil studi yang dilakukan pada 20 ribu orang Swedia, olahraga rutin ternyata dapat mengurangi bahaya serangan jantung. Dan olahraga yang dianjurkan adalah aerobik karena dinilai mampu meningkatkan sirkulasi oksigen ke jantung dan mengurangi darah tinggi. Untuk orang dewasa, lakukan gerakan erobik standar selama 150 hingga 300 menit.

Pentingnya diet jantung sehat
Mengadopsi diet jantung sehat menjadi hal yang sangat penting. Menurut Joseph Alpert, memakan banyak buah dan sayuran, serta mengurangi konsumsi garam dapat membuat jantung lebih sehat. Ambil contoh diet DASH (Dietary Aporoaches to Stop Hypertension). Diet DASH merupakan pola makan sehat untuk mengurangai tekanan darah dan kolesterol yang tinggi. Saat ini banyak ditemukan rekomendasi diet DASH yang tentu dapat menjadi pertimbangan bagi Anda yang menyayangi jantungnya. (sbc-02/vnc)

 




Tinggalkan Balasan

error: