Search
Jumat 7 Agustus 2020
  • :
  • :

Tingkatkan Budaya Gemar Baca, GPMP Luncurkan ‘Cafe Baca’

Starberita – Medan, Untuk meningkatkan budaya gemar membaca di Sumut, Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca (GPMB) Sumut bekerja sama dengan berbagai pihak meluncurkan ‘Cafe Baca’ di lima kafe di Kota Medan, Senin (17/2/2020).

Adapun kelima cafe tersebut adalah, Kedai Kopi Kombur Jalan Sisingamangaraja Medan, RM Rasa Bunda Jalan Iskandar Muda Medan, D’Coffee Kedan Jalan Wahid Hasyim Medan, Café Rumah Pohon Jalan Sei Belutu Medan, dan Roemah Kopi Wak Noer Jalan Uskup Agung Medan.

Peluncuran ‘Cafe Baca’ ditandai dengan pemotongan pita dan penandatanganan Nota Kesepahaman oleh Ketua GPMB Sumut, Nawal Lubis dengan Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Sumut, Halen Purba serta pemilik kafe di Roemah Kopi Wak Noer Jalan Uskup Agung Medan. Salah satu tujuan utama dibuatnya ‘Cafe baca’, kata Nawal, ialah untuk meningkatkan budaya gemar baca di tengah masyarakat Sumut.

“Tak bisa dipungkiri, kebanyakan masyarakat menurun minatnya untuk mengunjungi perpustakaan. Kalaupun berminat, kadang tidak sempat. Nah, kita ingin proaktif menjangkau tempat-tempat yang sering dikunjungi masyarakat itu. Salah satunya tempat nongkrong seperti di cafe-cafe. Sehingga, saat nongkrong tidak hanya bermain gawai (gadget), tetapi juga baca buku,” tutur Nawal, yang juga Ketua TP PKK Sumut ini.

Peluncuran ‘Cafe Baca’ ini jelas Nawal, hanyalah awal. Sebab selanjutnya akan dilakukan peluncuran di tempat-tempat umum lainnya seperti di rumah sakit, bandara, stasiun kereta api dan lainnya.

“Kami ucapkan terima kasih untuk pemilik cafe yang menyediakan ruang di cafenya untuk mendukung program gemar baca ini. Begitu pula dengan Dinas Perpustakaan dan Arsip Sumut yang mendukung dengan penyediaan buku,” ucapnya.

Meningkatnya budaya gemar baca, ujar Nawal, diharapkan menghasilkan masyarakat yang punya kemauan besar untuk belajar, menambah wawasan dan ilmu pengetahuan, cerdas serta berbudaya. Dengan demikian, tercipta masyarakat berliterasi tinggi dan SDM berkualitas di Sumut.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Sumut, Halen Purba menyampaikan apresiasi dan rasa bangga atas peluncuran ‘Cafe Baca’. Dipandang positif, Halen pun berharap program ini dapat diadopsi di seluruh Kabupaten/Kota di Sumut.

“Kami optimis gerakan ini akan meningkatkan kemauan dan minat baca di Sumut. Buku-buku di Cafe Baca akan rutin kita perbaharui dan tambah koleksinya. Mudah-mudahan Kabupaten/Kota juga ikut mengadopsi program ini,” katanya.

Pemilik Roemah Kopi Wak Noer, Pheny Stephen mengaku bangga dan bersedia bekerja sama untuk mendukung program Cafe Baca lantaran hal tersebut dipandang positif.

“Saya sudah pasti bangga bisa ikut andil menjadi bagian dari gerakan positif ini. Saya yakin akan menambah rasa nyaman dan betah bagi pelanggan kami dengan penyediaan buku-buku yang ada. Sehingga para pengunjung tidak hanya bermain gadgetnya saja saat dating ke café ini, tetapi mereka juga bias membaca buku yang sudah disediakan,” jelasnya. (sbc-05)




Tinggalkan Balasan

error: