Search
Jumat 10 April 2020
  • :
  • :

Wagubsu Apresiasi Program Subuh Berjamaah Keliling Kabupaten/Kota

Starberita – Asahan, Apresiasi program kerja kepengurusan baru Pengurus Wilayah (PW) Dewan Masjid Indonesia (DMI) Sumut, Wagubsu, Musa Rajekshah (Ijeck) hadir  mengikuti kegiatan subuh berjamaah dan tausiyah yang dilaksanakan di Masjid Agung Ahmad Bakrie Kisaran, Kabupaten Asahan, Minggu (16/2/2020).

Sebelum azan subuh berkumandang, Ijeck yang tiba di pelataran masjid bersama rombongan disambut Bupati Asahan, Surya. Selanjutnya rombongan masuk ke dalam masjid dan melaksanakan sholat Subuh berjamaah bersama masyarakat.

Usai sholat, Ijeck mengapresiasi program kerja yang dilakukan oleh PW DMI Sumut. Antara lain denganmenggelar safari sholat berjamaah ke Kabupaten/Kota yang ada di Sumut setiap bulan dan kali ini  Kabupaten Asahan mendapat giliran kegiatan ini.

“Ini program baru dari PW DMI. Mengajak masyarakat ikut sholat berjamaah, ikut memakmurkan masjid. Program setiap bulan subuh berjamaah ini pun berpindah ke setiap Kabupaten/Kota setiap bulan,” ujar Ijeck.

Program-program yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Asahan pun mendapat respons positif dari Ijeck. Pasalnya dalam usaha memakmurkan masjid, Pemkab Asahan ikut membantu, khususnya dalam penganggaran yang dilaksanakan oleh Unit Pelaksanan Khusus dari Dinas Sosial Pemkab Asahan.

Walaupun demikian, menurut Ijeck kegiatan memakmurkan masjid harus dilakukan oleh seluruh umat muslim yang ada, tidak hanya mengandalkan kepada pemerintah.

“Pemkab Asahan sudah ikut membantu memakmurkan masjid. Namun tugas kita (jamaah) yang utama dalam memakmurkan masjid,” kata Ijeck.

Ketua PW DMI Sumut, Irhamuddin Siregar menyampaikan bahwa program safari subuh berjamaah ini merupakan yang kelima kalinya setelah dilakukan di Kota Tebingtinggi dan kota lainnya. Menurutnya, selain bertujuan untuk memakmurkan masjid, program ini juga diharapkan dapat memberikan pemahaman bahwa masjid bukan hanya sekadar sebagai tempat ibadah, melainkan juga sebagai pusat kegiatan umat muslim.

“DMI akan terus melakukan program ini. Kita berharap masjid bisa mengubah anggapan bukan hanya sekedar tempat ibadah, tapi hari ini kita lakukan paripurna masjid. Mudah-mudahan ada pemberdayaan ekonomi dan kegiatan lainnya,” jelas Irhamuddin.

Ia juga berharap dengan makmurnya masjid dapat ikut membantu pemerintah mewujudkan program Sumatera Utara Bermartabat menuju Indonesia unggul.

“DMI adalah mitra dari semua, khususnya dari pemerintah. Mari kita makmurkan masjid, karena kemuliaan ada dalam masjid, terlebih dalam shalat subuh. Memakmurkan masjid untuk mewujudkan Sumut Bermartabat menuju Indonesia Unggul,” ujar Irhamuddin.

Bupati Asahan, Surya yang ikut menghadiri rangkaian subuh berjamaah menjelaskan bahwa dalam upaya memakmurkan masjid pihaknya telah mengeluarkan program yang diberi nama Program Iman dan Taqwa yang berada pada naungan Dinas Sosial Kabupaten Asahan.

Adapun program ini, kata Surya, adalah untuk memakmurkan masjid-masjid yang ada di seluruh wilayah Asahan hingga ke pelosok desa.

“Program Iman dan Taqwa kami upayakan untuk memakmurkan masjid hingga ke desa-desa di Asahan,” jelas Surya.

Rangkaian acara pun dilanjutkan dengan tausiyah yang dibawakan Ustadz Abdul Halim dan dilanjutkan dengan sarapan bersama. Turut hadir  diantaranya OPD Pemprovsu dan Pemkab Asahan, Pengurus Wilayah DMI Sumut dan Asahan, serta tokoh masyarakat. (sbc-05)




Tinggalkan Balasan

error: