Search
Rabu 15 Juli 2020
  • :
  • :

Jangan Telat, Kenali Gejala Penyakit Jantung Sebelum Serangan

Starberita – Jakarta, Serangan jantung merupakan kondisi dimana pasokan darah ke jantung tiba-tiba tersumbat. Biasanya serangan jantung terjadi saat pembuluh darah arteri menyempit karena penumpukan plak.

Jika suplai darah ke sebagian jantung terhambat akibat penyumbatan, maka akan terjadi serangan jantung. Penyakit jantung sendiri merupakan salah satu penyakit yang mematikan, terutama ketika seseorang tidak mengenali gejala atau tandanya. Lantas, bagaimana mengenali gejala penyakit jantung?

  1. Vito Damay, Mkes, SpJP (K) FIHA, FICA, menjelaskan bahwa ciri atau gejala dari penyakit jantung antara lain sesak napas, sakit dada atau berdebar. Ketika mengalami beberapa gejala tersebut ada baiknya memeriksakan diri.

“Segera periksakan apakah ada gangguan pada jantung atau tidak. Lalu berdebarnya seperti apa, kalau sampai pingsan dan gelap serta susah diajak ngomong,” jelas dia.

Selain itu cepat, lelah juga bisa menjadi salah satu pertanda penyakit jantung. Sebabnya, ketika fungsi jantung yakni memompa darah ke seluruh tubuh berkurang atau lemah maka nutrisi dan oksigen ke otak tidak sampai ke seluruh tubuh. Hal ini membuat badan terasa cepat lelah.

Vito menjelaskan, untuk mencegah penyakit jantung, masyarakat disarankan untuk berhenti merokok, mengatur porsi makan, olahraga minimal 30 menit sehari, mengontrol tekanan darah dan mengontrol berat badan.

“Untuk pola makan, kalau pagi hari boleh makan bubur gandum secukupnya, berhenti sebelum kenyang. Siang makannya nasinya 2 kepal tangan setengah porsi sayur, lauk pauknya setelapak tangan, malam makan sayur atau sup saja jangan makan karbo,” jelas dia. (sbc-02/vnc)

 

 




Tinggalkan Balasan

error: