Search
Rabu 8 April 2020
  • :
  • :

Guardiola: Pelatih Top Tak Harus Juara Setiap Musim Kok

Starberita – Jakarta, Manajer Manchester City, Josep Guardiola menilai bahwa pelatih dengan reputasi mentereng tak memiliki kewajiban untuk meraih gelar juara setiap musimnya.

Usai mendominasi Premier League dalam dua musim ke belakang, musim ini Guardiola hampir pasti gagal meraih gelar ketiganya karena kalah bersaing dengan Liverpool.

HIngga pekan ke-25, Manchester City tertinggal 22 poin dari Liverpool. Pasukan The Reds kini tinggal membutuhkan enam kemenangan lagi untuk mengunci gelar juara.

Kunci Sukses Liverpool

Bagi Guardiola, kesuksesan yang didapat Liverpool saat ini bukanlah sesuatu yang mengejutkan. Pasalnya, mereka sudah mempersiapkan segalanya sejak kedatangan Jurgen Klopp.

“Liverpool menghabiskan empat atau lima tahun untuk memenangi trofi pertama mereka musim lalu [trofi Liga Champions]. Itu merupakan sebuah proses. Pemain baru, investasi, lebih dan lebih, dan setelah mereka mendapatkannya, mereka saat ini menjadi tim terbaik di dunia,” ujar Guardiola.

Tak Melulu Harus Menang

Lebih lanjut, Guardiola menilai bahwa wajar jika dirinya gagal mempertahankan gelar juara Premier League untuk ketiga kali secara beruntun.

“Terkadang orang percaya jika Anda Pep, Jurgen, atau nama besar lain, Anda harus memenangi semua gelar setiap musim dengan 2000 juta poin dan 2000 juta gol. Terkadang itu mustahil, terkadang karena lawan, terkadang Anda tak bisa melakukannya. Dalam olahraga apa pun tak ada tim yang mampu memenangi segalanya setiap musim untuk selamanya,” tukasnya. (sbc-02/bol)

 




Tinggalkan Balasan

error: