Search
Rabu 8 April 2020
  • :
  • :

Ternyata, Putih Telur Bisa Cegah Hipertensi & Diabetes Sekaligus

Starberita – Jakarta, Telur menjadi salah satu bahan makanan yang mengandung sumber protein yang wajib ada di setiap dapur. Mengingat pengolahan telur yang terbilang mudah mulai dari telur goreng, omelet, hingga scramble egg.

Namun, banyak perdebatan tentang bagaimana telur berkontribusi pada peningkatan kadar kolesterol yang umumnya ditemukan dalam kuning telur, itulah sebabnya kebanyakan orang memilih hanya mengonsumsi putih telur.

Mengonsumsi putih telur diketahui dapat menurunkan jumlah kalori, lemak, dan lemak jenuh yang Anda konsumsi. Selain itu ada banyak manfaat mengomsumsi telur putih, apa saja? Berikut ini manfaat konsumsi putih telur.

  1. Bebas kolesterol

Telur putih diketahui rendah kolesterol dibandingkan kuning telur. Mengonsumsi putih telur, mengurangi risiko penyakit jantung atau peningkatan kadar kolesterol.

  1. Kaya akan protein

Putih telur diketahui cenderung memiliki jumlah protein rendah lemak baik yang bermanfaat bagi tubuh.  Protein berkualitas tinggi membantu membentuk otot dan juga membantu Anda mengurangi rasa lapar karena dapat membuat seseorang kenyang lebih lama.

  1. Rendah kalori

Putih telur diketahui mengandung  lebih sedikit kalori dibandingkan kuning telur, karenanya konsumsi putih telur juga bisa menjaga diet penyintas dibetes Jadi, jika Anda ingin menurunkan berat badan, pastikan Anda memilih putih telur daripada telur utuh.

  1. Membantu menjaga tekanan darah

Kehadiran kalium dalam putih telur dapat membantu mengurangi dan mempertahankan tingkat tekanan darah (hipertensi).  Kalium adalah mineral dan elektrolit yang dikaitkan dengan kesehatan jantung dan tulang. Menurut sebuah penelitian oleh American Chemical Society, putih telur mengandung peptida yang disebut RVPSL, yang merupakan komponen protein yang membantu mengurangi tingkat tekanan darah.

  1. Membantu menurunkan risiko penyakit kardiovaskular

Kalium membantu menurunkan tekanan darah, yang pada akhirnya dapat mencegah penyakit kardiovaskular. Kalium ini bekerja dengan mempromosikan vasodilatasi, suatu proses di mana pembuluh darah melebar, yang memungkinkan aliran darah lancar dan mencegah segala kemungkinan penyumbatan.

  1. Mengandung vitamin esensial

Putih telur mengandung vitamin esensial seperti A, B-12 dan D. Salah satu vitamin terpenting adalah riboflavin, yang dikenal sebagai vitamin B2. Vitamin B2 ini diperlukan untuk mencegah berbagai kondisi seperti degenerasi makula terkait usia, katarak dan sakit kepala migrain. (sbc-02/vnc)

 




Tinggalkan Balasan

error: