Search
Rabu 8 April 2020
  • :
  • :

Tak Butuh Biaya, Ini 3 Cara Lawan Kanker Payudara

Starberita – Jakarta, Salah satu penyakit mematikan yang harus dilawan kaum hawa adalah kanker payudara. Berbagai upaya pencegahan harus Anda lakukan sedini mungkin.

Tak sedikit kaum hawa mengidap kanker payudara. Kanker ini ketika ada pertumbuhan abnormal sel-sel kanker payudara, yang membelah lebih cepat dan mulai menumpuk, untuk membentuk suatu benjolan yang ada di payudara.

Beberapa langkah untuk mencegah kanker payudara pun dapat dilakukan sejak dini. Apa saja ya?

Mengonsumsi buah dan sayur

Mengonsumsi buah-buahan dan sayuran yang mengandung flavonoid dapat membantu menurunkan risiko kanker. Subtipe flavonoid yang disebut flavonol dan flavon, memiliki potensi untuk mengatur pembelahan sel dan menghentikan pertumbuhan sel kanker payudara.

Sebuah studi menunjukkan, hubungan antara flavonoid dan penurunan risiko kanker payudara pada perempuan pasca menopause. Konsumsi juga makanan yang mengandung nabati, seperti terong, seledri, paprika, tomat, brokoli, apel, dan pir.

Menjaga kesehatan fisik

Berolahraga dan selalu melatih kesehatan bagi perempuan itu sangat perlu. Sesuai penelitian, aktivitas fisik dapat membantu mengurangi risiko kanker payudara dari 25 hingga 30 persen.

Aktivitas fisik moderat harian juga harus dilakukan 45-60 menit dalam sehari, selama 5 hari seminggu. Bagi perempuan yang menyusui, ia juga harus melakukan aktivitas fisik, seperti berolahraga secara rutin.

Seorang perempuan yang menyusui lebih dari setahun dan selalu diimbangi dengan berolahraga, ia kemungkinan akan lebih rendah terkena kanker payudara.

top merokok

Penelitian telah melakukan riset dan menemukan hubungan antara perokok dan risiko kanker payudara pada perempuan.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan pada American Journal of Epidemiology, perempuan yang telah merokok selama lebih dari 20 tahun dan wanita yang mulai merokok lima tahun sebelum mereka pertama kali hamil, memiliki risiko kanker payudara dengan skala 35 persen lebih tinggi, bila dibandingkan dengan perempuan yang tidak pernah merokok. Jadi, dianjurkan bagi para perempuan untuk berhenti merokok dari sekarang. (sbc-02/okz)

 




Tinggalkan Balasan

error: