Search
Senin 6 April 2020
  • :
  • :

Cara Mencegah Flu Babi, Nomor 2 Paling Penting Dilakukan

Starberita – Jakarta, Penyakit flu babi dinilai lebih berbahaya daripada virus korona. Selain waspada dengan tahu gejalanya, Anda juga harus melakukan berbagai langkah pencegahan.

Flu babi disebabkan oleh virus H1N1, yang dapat menginfeksi sel-sel yang melapisi hidung, tenggorokan, dan paru-paru Anda. Virus H1N1 dapat masuk k tubuh Anda saat terkontaminasi ke mata, hidung atau mulut Anda.

Anda tidak dapat tertular flu babi karena memakan daging babi. Melainkan seseorang yang dapat terkena flu babi adalah para peternak babi dan dokter hewan. Sebabnya virus influenza pada babi dapat berpindah ke manusia.

Namun, ada beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk mencegah flu babi. Berikut ulasannya.

Jangan pergi saat sakit

Jika Anda terserang flu, Anda bisa menularakan kepada orang lain. Tetaplah di rumah setidaknya 24 jam setelah demam Anda hilang.

Tutupi mulut saat batuk dan bersin

Tutupi mulut dan hidung Anda saat bersin atau batuk. Kalau perlu pakailah masker wajah. Hal ini dapat meminimalisir kontaminasi virus flu ke orang lain di sekitar Anda.

Hindari kontak dengan orang lain

Jauhi kerumunan jika memungkinkan saat Anda sakit. Hal ini sangat berlaku bagi anak-anak di bawah lima tahun, lansia 65 tahun ke atas, hamil, atau Anda memiliki riwayat penyakit seperti asma.

Cuci tangan dengan sabun

Gunakan sabun dan air untuk cuci tangan. Jika tidak tersedia, gunakan pembersih tangan berbahan dasar alkohol, seperti hand sanitizer. (sbc-02/okz)

 




Tinggalkan Balasan

error: