Search
Senin 30 Maret 2020
  • :
  • :

Mitos atau Fakta, Makan Tauge Bikin Subur?

Starberita – Jakarta, Ada banyak manfaat tauge yang sudah diketahui orang-orang. Namun, salah satu yang paling termasyhur dan diingat adalah untuk meningkatkan kesuburan. Bahkan, beberapa pasangan yang akan menikah atau sedang program hamil sangat dianjurkan untuk mengonsumsi tauge. Ini sebenarnya mitos atau fakta, ya?

Tauge dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Tauge sebenarnya berasal dari biji semua jenis kacang. Namun, ada dua jenis yang kerap dimanfaatkan di dunia, yakni yang berasal dari kacang hijau dan kedelai. Di Indonesia sendiri, kecambah kacang hijau (Vigna radiata) lebih populer dibandingkan kacang kedelai (Glycine max).

Pemanfaatan kecambah sebagai campuran di dalam masakan di Asia Timur, India, dan Timur Tengah sudah dilakukan selama ribuan tahun. Bagaimana dengan Indonesia? Jangan ditanya!

Makanan pinggir jalan hingga di restoran besar, banyak yang memanfaatkan tauge sebagai campurannya. Sebut saja ketoprak, gado-gado, soto, hingga bakso.

Tak salah memang memanfaatkan tauge dalam menu makanan. Penyebabnya, sayuran putih panjang ini menawarkan sumber nutrisi yang lebih padat daripada kacang asli.

Kecambah mengandung tinggi protein, dengan rata-rata 5 gram per cangkirnya. Tauge juga mengandung kadar vitamin C dan vitamin B6 yang signifikan, zat besi, riboflavin, asam pantotenat, niasin, tiamin, seng, kalsium, fosfor, magnesium, dan kalium.

Tauge juga memiliki tingkat lemak yang sangat rendah, tanpa kolesterol, dan tanpa lemak jenuh. Kandungan seratnya pun sangat baik, yakni lebih dari 2,5 gram per cangkir. Terakhir, jumlah kalori yang disajikan kecambah cukup rendah, yakni 65 kalori per cangkir.

Kandungan-kandungan tersebut membuat manfaat tauge sebagai makanan pendukung diet tak bisa dibantah. Hal ini disampaikan dr Astrid Wulan Kusumoastuti.

Menurutnya, Anda yang sedang menjalani program diet sangat baik untuk mengonsumsi tauge sebagai variasi menu makanan.

“Tauge punya kadar protein, serat yang tinggi, dan karbohidrat yang rendah. Kombinasi kandungan ini membuat tauge sangat cocok untuk menahan lapar dengan tetap memberi cadangan energi untuk beraktivitas sehari-hari. Kandungan serat yang tinggi juga dapat membantu melancarkan pencernaan,” ujar dr. Astrid.

Selain itu, tauge juga punya kadar antioksidan tinggi. Kandungan ini dapat memperlambat proses penuaan dengan memerangi radikal bebas, menjaga kecantikan kulit, membantu melawan sel kanker menjaga daya tahan tubuh, dan lainnya.

Tauge ternyata juga penting bagi Anda yang bermasalah dengan kolesterol tinggi. Tauge berasal dari benih yang berkecambah. Saat benih berkecambah, kadar kandungan saponinnya akan naik drastis.

“Saponin dapat membantu menghancurkan low density lipoprotein (LDL) atau lemak jahat pada penderita kolesterol tanpa mengganggu lemak high density lipoprotein (HDL) atau lemak baik. Anda yang berisiko stroke dan serangan jantung dapat memilih kecambah sebagai variasi bahan makanan,” tutur dr. Astrid.

Kalau tauge punya sederet manfaat di atas, bagaimana sebagai penunjang kesuburan? Apakah ini juga termasuk?

Tauge untuk Peningkat Kesuburan, Benarkah?

Dijelaskan dr Dyah Novita Anggraini, tauge memang memiliki kapasitas untuk meningkatkan kesuburan pria dan wanita.

“Pasalnya, tauge dapat membuat produksi sperma dan sel telur dengan kualitas yang bagus. Oleh karena itu, dengan mengonsumsi tauge maka kesempatan untuk terjadi pembuahan (konsepsi) akan meningkat,” ujar dr. Dyah Novita.

Selain itu, tauge memiliki kandungan vitamin E yang merupakan antioksidan untuk melindungi sel-sel dari radikal bebas, termasuk sel telur dan sperma.

“Oleh karena itu, tauge mampu mencegah kerusakan akibat radikal bebas pada sel telur dan sperma sehingga dapat membantu untuk terjadi pembuahan,” ungkap dr. Dyah Novita.

Jadi, salah satu manfaat tauge untuk meningkatkan kesuburan adalah sebuah fakta. Mulai sekarang rajin-rajinlah makan tauge, baik sebagai menu utama atau sampingan. (sbc-02/kdc)

 

 




Tinggalkan Balasan

error: