Search
Selasa 4 Agustus 2020
  • :
  • :

Dokter: Paparan Gadget Beresiko Tunda Perkembangan Otak Anak

Starberita – Jakarta, Zaman semakin maju, tak bisa dimungkiri perkembangan teknologi membawa kemudahan bagi kehidupan sehari-hari, tapi disisi lain jika tidak digunakan secara bijak, maka bisa merugikan penggunanya. Salah satu efek buruk dari kemajuan teknologi adalah membuat anak-anak sekarang lebih suka bermain gadget berjam-jam daripada bermain keluar rumah yang membutuhkan aktivitas fisik.

Perlu diketahui bermain gadget memang mengasyikkan, tapi jika bermain terus-menerus bisa berakibat buruk pada tumbuh dan berkembang anak.

“Paparan sinar dari layar gadget dapat mempengaruhi perkembangan penglihatan, risiko untuk rabun jauh misalnya. Selain itu juga dapat mempengaruhi perkembangan bicara dan komunikasi pada anak,” ujar dr. Indah Riyanti Putri.

Ia menyarankan agar anak yang berusia di bawah dua tahun untuk tidak terpapar sinar gadget sama sekali, karena pada usia tersebut masih dalam tahap perkembangan pada anak, baik itu otak, penglihatan, maupun pendengaran.

Jika anak sudah kecanduan gadget dapat meyebabkan beberapa hal negatif, seperti gangguan perkembangan dan fungsi otak, gangguan komunikasi dan kelebihan berat badan karena kurang banyak bergerak.

Perkembangan dan fungsi otak dapat tertunda karena terlalu lama terpapar media elektronik, apalagi pada masa-masa tumbuh kembang anak diusia 1-3 tahun otak anak sangat sensitif dengan lingkungan sekitar,” lengkapnya.

Meskipun begitu, anak-anak tetap boleh bermain dengan gadget tapi dengan batasan waktu. Anak usia 2-5 tahun dapat diberikan akses selama satu jam per hari, itupun harus terbagi dalam beberapa waktu, bukan satu jam nonstop. Untuk anak 6 tahun, dapat diberikan akses gadget selama dua jam, dengan terbagi dalam beberapa sesi, bukan dua jam nonstop.

Sebagai pengganti gadget, orangtua bisa memberikan mainan yang edukatif atau dibiarkan bebas bermain di alam terbuka bersama teman-temannya sehingga melibatkan aktivitas fisik dan terlibat interaksi sosial secara langsung. (sbc-02/okz)

 




Tinggalkan Balasan

error: