Search
Jumat 5 Juni 2020
  • :
  • :

Cegah Wabah Corona, Pemerintah Tunda Impor Pertanian dari Cina

Starberita – Jakarta, Kementerian Pertanian memutuskan menunda arus pergerakan perdagangan sayuran, hewan, dan buah-buahan ke dan dari Cina untuk mencegah masuknya wabah corona ke Indonesia. Kebijakan tersebut ditetapkan setelah Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO menetapkan status darurat global.

“Seluruh produk pertanian (dari dan ke Cina) ditunda. Produk pangan dari Cina semua juga enggak bisa masuk setelah status penundaan dicabut,” ujar Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo di kantornya, Selasa (4/2/2020).

Syahrul memaparkan, kementeriannya telah melakukan tiga langkah untuk mengantisipasi masuknya virus berbahaya tersebut ke Tanah Air. Pertama, kementeriannya melakukan penjagaan ketat di area arus keluar-masuk barang.

Selain Cina, penjagaan keamanan dilakukan untuk barang-barang yang masuk dari negara yang telah terinfeksi virus corona–terkini, virus itu telah masuk ke sekitar 25 negara di dunia. Kemudian kedua, Syahrul menjelaskan Kementerian Pertanian bersama dengan Kementerian Kesehatan melakukan penyemprotan disinfektan untuk produk-produk pertanian yang masuk dari luar negeri.

“Kami melangkah cepat, mengecek on the spot bersama kementerian lain untuk melakukan penyemprotan,” ucapnya.
Ketiga, pengecekan intensif juga dilakukan untuk orang-orang yang saat ini baru masuk ke Indonesia dan dikarantina di balai karantina.

Direktur Jenderal Holtikultura Kementerian Pertanian Prihasto mengatakan volume impor buah-buahan dan sayuran dari Cina sejatinya tak terlampau besar. Impor terbesar dari Negeri Tirai Bambu tersebut hanya tercatat untuk produk bawang putih.

“Bawang putih saja yang banyak (volumenya). Lebih-kurang jumlahnya 90 persen,” tuturnya.

Dalam setahun, Indonesia dapat mengimpor sekitar 500 hingga 560 ton bawang putih. Meski begitu, ia memastikan penyetopan sementara produk pertanian dari Cina tidak akan mengganggu stok bawang putih Indonesia.

Ia memastikan stok bawang putih dalam negeri masih cukup untuk beberapa bulan ke depan. Adapun pada Maret nanti, sekitar 4 ribu hektare lahan pertanian akan memanen bawang putih sehingga pasokan terus bertambah. (sbc-03/tem)




Tinggalkan Balasan

error: