Search
Minggu 9 Agustus 2020
  • :
  • :

15 Desa Dari 8 Kecamatan di Asahan Terendam Banjir

Starberita – Kisaran, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kab. Asahan dalam siaran Persnya melaporkan ada 15 Desa dari 8 Kecamatan di Kab. Asahan terendam banjir, Rabu (29/1/2020).
Hujan yang turun pada Rabu dinihari tersebut berdampak terjadi luapan air sungai yang menggenangi beberapa Desa di beberapa Kecamatan di Kabupaten Asahan sampai hari ini pukul 18.00.wib menunjukkan perubahan keadaan yang variatif dimana ada yang telah mengalami penyusutan secara total dan ada yang masih relative bertahan dengan intensitas penyusutan secara pelan.
“Kondisi genangan air di Desa Sei Silau Tua, Desa Sei Silau Timur, Desa Prapat Janji, Desa Aek Bamban dan Desa Aek Bange telah surut total. Kondisi genangan air di Desa Karya Ambalutu telah surut dan menyisakan becek di halaman rumah warga. Ditempat lainnya genangan air di Desa Bangun Sari, Desa Ambalutu, Desa Terusan Tengah mengalami penyusutan secara lambat/relative bertahan, diperkirakan akan surut sampai besok pagi jika hujan tidak turun kembali,” dikutip dari Press release yang dikeluarkan BPBD Kab. Asahan.
Dampak yang terjadi dari banjir tersebut sebanyak 263KK/RT di 13 Desa/Kel di 7 Kecamatan tergenang air mulai 10-30cm. Beberapa luasan tanaman warga dan perkebunan serta terendam. Pohon yang tumbang telah dibersihkan serta jalan penghubung yang longsor masih dalam penilaian. Rumah Ibadah (1 Mesjid) terendam, namun banjir yg melanda desa-desa tersebut tidak ada korban jiwa.
BPBD Asahan menghimbau kepada warga desa yang terdampak agar tetap siaga, dan tetap berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait di lokasi atas situasi yang berkembang saat ini. (sbc-05/drh)



Tinggalkan Balasan

error: