Search
Minggu 29 Maret 2020
  • :
  • :

Jelang Pilkada Karo, 275 Calon PPK Ikuti Test Tertulis

Starberita – Kabanjahe, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Karo mengumumkan hasil seleksi penelitian administrasi calon Pantia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang lolos administrasi, Selasa (28/1/2020).

Setelah dilakukan pengecekan administrasi secara selektif terhadap berkas para calon Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), KPU Kabupaten Karo akhirnya mengumumkan hasilnya. Sebanyak 295 yang mengajukan berkas, 20 pelamar gagal verifikasi, jumlah total yang lolos untuk ikut test tertulis sebanyak 275.

Ketua KPU Kabupaten Karo, Gemar Tarigan, ST melalui Kordinator Divisi Teknis, Drs Lotmin Ginting, Rabu (29/1) melalui pesan WhatsApp (WA) mengatakan, setelah dinyatakan lolos seleksi adminitrasi, selanjutnya 275 calon PPK tersebut akan mengikuti tes tulis yang akan dilaksanakan tanggal 30 Januari 2020 di Centrum Centre, Pukul 10.00 WIB.

“Tes tulis akan dilakukan manual ditambah test praktek komputer, kami harap para peserta untuk mempersiapkan diri, dimana materi tes tulis lebih pada seputaran kepemiluan dan integritas,” jelasnya.

Bagi yang lulus administrasi, maka besok (Kamis, red) akan mengikuti tahapan tes tertulis. Untuk tahapan ini, akan diambil sebanyak 10 besar dalam satu kecamatan, untuk selanjutnya akan mengikuti tahapan tes wawancara, ungkap Lotmin Ginting.

Setelah melewati tahapan tes tulis, nantinya para peserta lanjut dengan tes wawancara tanggal 5 Januari 2020. Dari masing masing kecamatan, nantinya akan diambil 5 orang masing-masing Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Pilkada Karo 2020. “Jadi seleksi PPK memang ada tahapan yang dilalui. Seluruhnya berjalan transparan dan ketat,” tegasnya.

Terpisah Koordinator Divisi Pengawasan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Karo, Abraham Tarigan, Ssos, ketika dimintai tanggapannya menekankan, agar KPU Kabupaten Karo lebih selektif dalam melakukan seleksi yang di lakukan serta menggunakan metode yang benar dan terukur dalam melakukan rekrutmen,  sehingga PPK yang terpilih merupakan PPK yang di harapkan serta di butuhkan oleh masyarakat.

“Ujian tertulis serta interview merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahkan dalam pelaksanaannya sehingga hasil yang diharapkan juga seharusnya berdasarkan hal yang sama pula,” ucapnya. (sbc-05/drh)




Tinggalkan Balasan

error: