Search
Sabtu 4 Juli 2020
  • :
  • :

Bupati Surya, Gedung Baru Sebagai Komitmen Pemerintah Perkuat Peran Inspektorat

Starberita – Kisaran, Bupati Asahan, Surya Bsc mengatakan peresmian penempatan gedung baru kantor Inspektorat Kabupaten Asahan merupakan komitmen Pemerintah Kabupaten Asahan memperkuat peran Inspektorat Kab. Asahan sebagai APIP yang memiliki posisi sangat strategis dari fungsi manajemen untuk mewujudkan visi dan misi serta program Pemkab Asahan.

Surya juga mengatakan berdasarkan Permendagri No.19 tahun 2016 tentang pedoman pengelolaan barang milik daerah pada asal 43 dan pasal 44 menyebutkan Bupati menetapkan status penggunaan barang milik daerah dan pengalihan status barang milik daerah. Maka pada hari ini berdasarkan Permendagri tersebut saya tetapkan penggunaan gedung ini kepada Inspektorat Kab. Asahan.

“Kepala OPD selaku pengguna barang milik daerah, saya harapkan agar gedung yang kita resmikan ini dapat dimanfaatkan dan dipelihara sebaik-baiknya untuk menunjang kinerja Inspektorat Kab. Asahan didalam melakukan pengawasan teerhadap pelaksanaan urusan Pemerintahan dan pelaksanaan pembinaan atas penyelenggaraan Pemerintahan Daerah,”ucap Surya.

“Jangan manfaatkan jabatan pengawas yang diberikan ini dengan sewenang-wenang atau tidak sesuai dengan tupoksi kerja, tetapi jalankan amanah jabatan ini sesuai dengan tupoksi kerjannya,”terangnya.

Sementara Inspektur Provinsi Sumatera Utara yang diwakili oleh Inspektur Pembantu IV Provinsi Sumatera Utara Drs. Rahmad Syafii SH dalam sambutannya mengatakan bahwa Inspektorat sebagai pengawas merupakan garda terdepan dalam melakukan pengawasan di pemerintahan dan arah pembangunan Pemerintah Daerah.

Syafii juga menyampaikan Inspektorat tidak hanya memiliki tugas untuk mengawasi pelaksanaan disetiap OPD tetapi juga sebagai pendamping OPD dalam setiap pelaksanaan kegiatan dan mampu memberikan konsultasi kepada OPD.

Sebelumnya di awal acara peresmian Gedung baru Inspektorat Kab. Asahan, Inspektur Kab. Asahan Zulkarnaen Nasution SH dalam laporannya menyampaikan bahwa keberadaan gedung baru ini merupakan suatu kebutuhan untuk menunjang kinerja dalam melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan pembinaan atas peneyelenggara Pemerintah Daerah.

Mantan Sekretaris Capil ini juga menyebutkan bahwa gedung baru Inspektorat Kab. Asahan dilengkapi pasilitas penunjang kinerja pegawai, masing-masing pejabat structural, auditor dan P2UPD menempati ruang tersendiri yang representatif. “Gedung ini juga dilengkapi ruang pemeriksaan, 2 ruang aula, musholla, dan gedung arsip,”pungkasnya. (sbc-05/drh)




Tinggalkan Balasan

error: