Search
Sabtu 11 April 2020
  • :
  • :

Berbagai Proyek Pembangunan Sumut Akan Dilakukan di 2020 ini

Starberita – Medan, Berbagai macam proyek pembangunan yang akan dilakukan Pemprovsu seperti pembangunan sarana Sport Center, pembangunan Jalan Layang menuju Brastagi, dan Tol dalam Kota (Medan) dipastikan akan segera dilakukan pada 2020 ini.

“Untuk Sport center itu mendesak. Sebab Pak Gubernur sangat berharap itu bisa segera direalisasi. Dan di tahun 2020 ini pembangunan sudah harus dimulai. Kemudian menyusul pembangunan jalan layang ke Brastagi dan juga tol dalam kota,” ungkap Tim Khusus Percepatan Pembangunan Sumut, Aripay Tambunan didampingi M. Hanafiah Harahap saat ditemui di ruang kerjanya di Gedung Lama Kantor Gubsu, Senin (20/1/2020).

Menurut Arifai, pembangunan sport center diprioritaskan karena sesuai program jangka panjang Sumut yang akan menjadi tuan rumah PON bersama Aceh di tahun 2024 mendatang. Dimana dalam pembangunan sport center tersebut, jelas Aripay, akan menelan biaya mencapai Rp.7,8 triliun.

“Jadi, pembangunannya mungkin akan mulai pada Februari nanti dan diharap Pak Gubernur bisa selesai di tahun 2023. Dimana biaya sebesar Rp.7,8 triliun yang akan dipergunakan dalam pembangunan Sport Center ini sudah termasuk biaya pembebasan lahan untuk luas areal sport center yakni 322,26 hektar di lokasi Batang Kuis (Kabupaten Deli Serdang),” jelasnya.

Kemudian untuk proyek pembangunan Jalan Layang menuju Berastagi, tambah Hanafiah, pembangunannya akan dilakukan di dua titik.

“Untuk pembangunan jalan layang menuju Brastagi akan kita bangun di dua titik, termasuk di kelok sebelas (dekat PDAM) dan juga dekat Sembahe. Untuk itu kita sangat berharap dukungan dari seluruh pihak agar pembangunan ini bisa berjalan sesuai dengan target Pak Gubernur,” tambah Hanafiah.

Karena menurut Hanafiah, sesungguhnya Gubernur Edy Rahmayadi serius dalam hal kemajuan Sumut kedepan, dan melalui konsep pembangunan yang dilakukan secara matang.

“Kalau di tahun sebelumnya (2018) gubernur konsentrasi pada pembayaran hutang dari Dana Bagi Hasil (DBH) yang jumlahnya mencapai Rp1,3 triliun. Itu sekarang sudah dilunasi gubernur di tahun 2019 kemarin,” pungkasnya.

Sebagaimana diketahui, selain Aripay Tambunan dan M. Hanafiah Harahap, dalam Tim Khusus Percepatan Pembangunan Sumut juga ada Parlindungan Purba dan Budi Sinulingga. Dimana Tim ini bertugas untuk mengawal proses percepatan pembangunan yang dilakukan oleh Pemprovsu sehingga bisa menjadi Sumut yang bermartabat kedepannya. (sbc-05)




Tinggalkan Balasan

error: