Search
Selasa 4 Agustus 2020
  • :
  • :

Ini 5 Makanan Enak untuk Cegah Kanker Payudara Secara Alami

Starberita – Jakarta, Kanker payudara menjadi salah satu penyakit yang paling sering dialami oleh wanita. Tentunya banyak faktor yang menyebabkan seorang wanita berisiko mengalami kanker payudara, beberapa diantaranya adalah usia, riwayat keluarga, jenis kelamin, genetika, merokok, berat badan dan pola makan yang tidak sehat sehingga meningkatkan risiko terkena kanker payudara.

Salah satu penelitian mengatakan diet memainkan peran sebesar 35 persen untuk mengurangi risiko kanker payudara. Berikut daftar makanan yang memiliki fungsi untuk mencegah kanker payudara.

1.Buah-buahan

Aneka buah-buahan seperti strawberry, blueberry, dan rapsberry hitam memiliki jumlah antioksidan polifenol yang tinggi dan menunjukkan sifat antikanker. Menurut penelitian, buah beri mengandung phytochemical yang telah dikaitkan dengan perkembangan kanker payudara. Mengonsumsi satu cangkir beri setiap hari dapat mengurangi risiko kanker payudara.

2.Sayuran

Sayuran seperti kangkung, brokoli, bayam, kembang kol kaya akan serat makanan dan antioksidan seperti vitamin C, vitamin E, dan vitamin K yang dapat membantu mencegah risiko kanker payudara. Sayuran juga mengandung glukosinolat, sejenis bahan kimia yang dikatakan memiliki sifat antikarsinogenik untuk mencegah pembentukkan kanker.

3.Biji-bijian

Beberapa biji-bijian seperti beras merah, oatmeal, jagung, barley, dan farro mengandung sejumlah besar polifenol dan nutrisi lain seperti magnesium, protein dan serat. Semuanya memainkan peran utama dalam mengelola risiko kanker payudara.

.Asam lemak

Asupan lemak omega tiga yang tinggi dapat mengurangi risiko kanker payudara dibandingkan dengan mereka yang memiliki asupan lemak rendah. Asam lemak omega tiga ditemukan dalam ikan, minyak zaitun, biji-bijian, kacang-kacangan dan alpukat.

5.Rempah-rempah

Beberapa bumbu seperti kunyit, cabai segara dan cabai merah dapat mencegah pertumbuhan sel kanker payudara. Kunyit mengandung senyawa kuat yang disebut dengan kurkurmin yang bersifat antiiflamasi dan antioksidan yang menghambat perkembangan sel kanker payudara.

Menurut penlitian lain cabai mengandung capcaisin yang dapat mencegah pertumbuhan dan penyebaran sel kanker payudara ganas. (sbc-02/okz)

 




Tinggalkan Balasan

error: