Search
Rabu 1 April 2020
  • :
  • :

Gubsu Diingatkan Jangan Mengeluarkan Statemen Kontroversi

 

Starberita – Medan, Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi diingatkan agar bersikap seperti seorang negarawan dan mencerminkan sosok pemimpin yang teladan dalam memimpin provinsi ini.

 

Hal ini diungkapkan, kata Ketua Fraksi PDI Perjuangan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumut, Mangapul Purba, karena akhir-akhir ini Gubsu sering melontarkan statemen yang dinilai kurang tepat dan terkesan tidak memikirkan terlebih dahulu apa yang akan diucapkan.

 

“Bercerminlah sebagai seorang pemimpin teladan. Banyak kepala-kepala daerah di negeri ini yang tegas namun setiap melontarkan ucapan, tidak mengundang kritikan dan kemarahan rakyat, apalagi sampai menyerempet soal SARA. Janganlah seorang pemimpin sampai menganggap dirinya ‘Wah’, karena hal itu akan terkesan pada kearogansian,” ujarnya.

 

Menurut Mangapul, Edy Rahmayadi seharusnya sadar dan benar-benar memahami bahwa provinsi yang dipimpinnya adalah miniaturnya Indonesia yang hampir semua suku, agama, adat istiadat dan budaya di negeri ini ada di Sumut. Sehingga perlu kehati-hatian bagi seorang Gubsu jika ingin memberikan statemen.

 

“Jangan sampai statemen beliau menyerempet hal-hal yang tidak diinginkan. Karena Sumut ini sejak dari dulu sudah cukup kondusif dan masyarakatnya hidup berdampingan saling menghargai,” ungkapnya.

 

Mangapul juga menegaskan bahwa ketika isu-isu krusial yang menyangkut kepentingan segmen masyarakat seperti isu babi, bencana alam, ormas agama, festival Danau Toba muncul ke permukaan, Gubsu haruslah bijaksana menanggapinya, jangan menganggap bahwa isu-isu tersebut sebagai bahan politik yang nantinya dapat mengakibatkan gejolak di masyarakat.

 

“Biarkan alam yang menilai siapa pemimpin yang mumpuni. Sumut sudah begitu kondusif dan NKRI harga mati bagi masyarakat provinsi ini. Janganlah suka mengeluarkan statemen yang kontroversi yang bisa berakibat fatal. Karena sebagai warga yang baik, kami mengakui bahwa Edy Rahmayadi adalah Gubernur kami,” tandasnya.

 

Untuk itu, masih kata Mangapul, pihaknya mengingatkan agar Gubsu Edy Rahmayadi untuk tidak terlalu kaku dalam memimpin Sumut. Jalankan program pembangunan yang sudah terpaparkan, agar masyarakat bisa menikmatinya.

 

“Bila perlu belajar dan melihat ke provinsi lain, seperti Jawa Timur, Jawa Tengah yang pemimpinnya seorang muslim namun setiap statemen yang keluar selalu santun jarang ada yang kontroversi,” pungkasnya. (sbc-03)

 




Tinggalkan Balasan

error: