Search
Senin 1 Juni 2020
  • :
  • :

Waspada Penularan Pneumonia, Jangan Sembarangan Bersin!

Starberita – Jakarta, Pneumonia misterius menjadi kasus luar biasa di Tiongkok. Penyakit ini bahkan telah menewaskan seorang pria berusia 61 tahun dan puluhan pasien lain masih berjuang untuk melawan penyakit tersebut.

Pneumonia misterius ini banyak dikaitan dengan SARS. Meski begitu peneliti menegaskan, penyakit tersebut berbeda dengan SARS, sekali pun dikatakan masih satu ‘keluarga’ dilihat dari sumber penyebarannya, virus korona.

Terlepas dari apa sebenarnya penyakit itu, Anda mesti tahu bahwa pneumonia itu menular. Makanya, Menteri Kesehatan RI Terawan Agus Putranto pun menyarankan agar setiap orang menjaga hidup sehat, termasuk rutin menyuci tangannya setelah beraktivitas.

Ya, pneumonia atau penyakit infeksi paru-paru ini bisa menular. Tapi, tidak semua jenis pneumonia menular, misalnya saja pneumonia karena jamur. Ini Penyebaran terjadi dari lingkungan ke orang. Sedangkan, pneumonia yang disebabkan virus atau bakteri menyebar dari orang ke orang.

Kebanyakan pneumonia disebabkan oleh organisme bakteri atau virus. Ini dapat menyebar dalam beberapa cara. Sebut saja karena batuk atau bersin yang tidak tertutup, berbagi cangkir atau peralatan makan, atau penularan melalui benda lain yang bersentuhan langsung dengan orang terinfeksi.

Seseorang bisa tertular pneumonia karena ia tidak rajin cuci tangan, terutama setelah batuk atau bersih dan menyentuh telapak tangannya.

Namun, fakta yang mesti diketahui adalah tidak semua orang bisa dengan mudah juga terpapar pneumonia. Ada beberapa kelompok faktor risiko tinggi terkait dengan penyakit ini.

Mereka adalah anak di bawah 2 tahun, dewasa di atas 65 tahun, ibu hamil, siapa pun dengan sistem kekebalan tubuh yang rendah, sebut saja penderita HIV, orang dengan autoimun, atau mereka yang tengah menjalani kemoterapi.

Selain itu, orang dengan penyakit kronis seperti diabetes, orang yang merokok, dan orang dengan penyakit paru obstruktif kronis seperti asma juga rentan terserang penumonia akibat tertular dari orang lain.

Sementara itu, menjadi catatan penting bagi mereka dengan faktor risiko tinggi, segera ke dokter jika Anda mengalami kondisi tubuh sebagai berikut:

  1. Terjadi nyeri di dada
  2. Mengalami batuk berkelanjutan yang berlangsung lebih dari seminggu
  3. Kondisi tubuh yang Anda rasakan semakin buruk
  4. Anda mulai mengalami kesulitan bernapas atau sesak napas
  5. Suhu tubuh Anda mencapai 38 derajat selsius selama lebih dari 3 hari.

Ingat, kalau sudah mengalami gejala-gejala tersebut, segera pergi ke fasilitas kesehatan terdekat untuk mendapatkan pertolongan. Sesegera mungkin Anda mendapat pertolongan, semakin minim juga risiko keparahan dari penyakit tersebut. (sbc-02/okz)

 

 




Tinggalkan Balasan

error: