Search
Senin 24 Februari 2020
  • :
  • :

Jambu Biji Diklaim Ampuh Turunkan Tekanan Darah Hipertensi

Starberita – Jakarta, Hipertens atau tekanan darah tinggi bisa dikendalikan hanya dengan perubahan gaya hidup yang sederhana. Salah satunya, adalah dengan konsumsi makanan sehat.

Ada satu jenis buah yang diklaim terbukti bisa menurunkan tekanan darah. Buah itu adalah jambu biji.

Dipublikasikan di National Centre for Biotechnology Information (NCBI), satu studi berdurasi 12 minggu menemukan bahwa 120 partisipannya mengalami penurunan dalam hasil pemeriksaan tekanan darah hingga 8-9 poin setelah memakan jambu biji matang sebelum makan besar.

Tidak hanya itu, eskperimen yang sama juga menghasilkan 99 persen penurunan dalam kadar kolesterol.

Studi profesional lainnya juga mendukung penemuan di atas setelah studi itu menunjukkan bahwa esktrak daun jambu biji dikaitkan dengan tekanan darah yang lebih rendah. Efek yang sama juga telah dilaporkan dalam beberapa studi lainnya yang mendokumentasikan konsumsi dari buah tersebut.

Kandungan ajaib dalam jambu biji juga telah menunjukkan berbagai manfaat kesehatan juga. Sebuah studi pada 19 orang yang meminum teh daun jambu biji memiliki tekanan darah yang lebih rendah setelah makan, dengan efeknya yang bertahan hingga dua jam.

Jambu biji juga kaya akan vitamin C, kandungannya bahkan dua kali lebih banyak dari vitamin C dalam sebuah jeruk. Selain itu, hanya dengan 37 kalori dalam jambu biji, dan memiliki 12 persen kebutuhan asupan serta harian yang direkomendasikan, buah ini sangat bergizi dan bisa menjadi makanan ringan yang mengenyangkan yang bisa menjadi bagian dari perencanaan penurunan berat badan.

Tak kalah penting, ekstrak daun jambu biji juga telah menunjukkan bisa menghentikan pertumbuhan sel-sel kanker. Para peneliti menyimpulkan hal ini dikarekan tingginya kadar antioksidan kuat yang ditemukan di buah itu. Antioksidan telah menunjukkan bisa mencegah radikal bebas yang merusak sel-sel, yang menjadi salah satu penyebab utama kanker.

Sebagai bonus tambahan, kandungan vitamin dan antioksidan beragam yang ada dalam jambu biji juga bisa melindungi kulit, karenanya bisa memperlambat proses penuaan. (sbc-02/vnc)

 

 




Tinggalkan Balasan

error: