Search
Minggu 5 Juli 2020
  • :
  • :

Gaya Hidup seperti Apa yang Bisa Tingkatkan Resiko Kanker?

Starberita – Jakarta, Sebagian besar kanker terjadi pada orang dewasa yang usianya cukup tua. Adapun jenis kanker yang paling umum adalah kanker kulit, paru-paru, usus besar dan dubur, payudara (pada wanita), dan prostat (pada pria).

Penyakit kanker bisa disebabkan oleh faktor gaya hidup yang tidak sehat, faktor gen yang diwarisi oleh orangtua, dan faktor lingkungan. Anda para orangtua memegang peranan penting bagi kesehatan anak-anak Anda ketika mereka dewasa nanti. Lalu apa yang harus dilakukan para orangtua ?

Memang kanker yang menimpa anak-anak kebanyakan dipengaruhi oleh gen dari keluarga. Namun, tidak menutup kemungkinan anak Anda tumbuh dewasa dan berisiko mengalami kanker karena gaya hidup yang tidak sehat yang diterapkan dari orangtua nya salah satu di antaranya ialah obesitas. Sebab, sikap dan kebiasaan yang terbentuk pada masa kanak-kanak bisa sangat memengaruhi kesehatan masa depan seseorang.

ahu kah Anda, kanker adalah pertumbuhan sel abnormal yang tidak terkontrol dalam tubuh. Kanker berkembang ketika mekanisme kontrol normal tubuh berhenti bekerja. Sel-sel tua tidak mati dan malah tumbuh di luar kendali, membentuk sel-sel baru yang abnormal. Sel-sel ekstra ini dapat membentuk massa jaringan, yang disebut tumor. Beberapa kanker, seperti leukemia, tidak membentuk tumor.

1/3 dari semua anak dan remaja mengalami kelebihan berat badan atau obesitas. Remaja yang kelebihan berat badan memiliki 70 persen menjadi orang dewasa yang obesitas. Kegemukan pada anak telah meningkat tiga kali lipat dalam 30 tahun terakhir. Obesitas bisa disebabkan oleh seringnya mengonsumsi makanan cepat saji dan menghabiskan tiga jam per hari di depan televisi, atau bermain smartphone.

Solusi yang Anda bisa lakukan sebagai orangtua agar anak ketika dewasa tidak berisiko terkena kanker ialah anak-anak harus makan lebih banyak buah, sayuran, dan biji-bijian. Selain itu, anak Anda harus sarapan setiap hari sebelum berangkat sekolah, duduklah untuk makan sehat bersama keluarga sesering mungkin. Satu lagi jangan lupa untuk menyuruh keluarga Anda untuk berjalan kaki minimal 60 menit dalam sehari.

Penelitian menunjukkan bahwa mulai pada usia muda merupakan faktor penting dalam mengadopsi kebiasaan seumur hidup. Kebiasaan lain yang harus dihindari pada anak Anda ialah paparan sinar matahari yang tidak terlindungi, penggunaan tembakau, dan obesitas di masa kanak-kanak, semuanya adalah faktor yang menyebabkan peningkatan risiko kanker pada orang dewasa.

Sangat penting bagi orangtua memberi contoh yang baik dengan mengajarkan kebiasaan sehat ke dalam kehidupan sehari-hari keluarga. Orang yang tidak merokok, makan makanan sehat, dan berolahraga secara teratur, memiliki kemungkinan setengah lebih besar untuk mengalami masalah kesehatan yang serius dibandingkan mereka yang mempraktikkan kebiasaan yang kurang sehat. Dengan mendidik keluarga Anda, mengajari anak-anak kebiasaan sehat, dan memperhatikan mereka, dapat mengurangi risiko kanker bagi keluarga Anda. (sbc-02/okz)

 




Tinggalkan Balasan

error: