Search
Sabtu 6 Juni 2020
  • :
  • :

Benarkah Bioglass Bermanfaat untuk Kesehatan Tubuh?

Starberita – Jakarta, Tentu Anda sudah pernah mendengar tentang bioglass kan? Ya, bioglass mulai banyak dijual lewat media televisi hingga internet. Bioglass digunakan karena dipercaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Tapi apa benar bioglass bermanfaat dan berkhasiat ampuh dalam meningkatkan kesehatan? Simak penjelasannya di bawah ini.

Mengenal Apa Itu Bioglass

Bioglass awalnya ditemukan oleh Larry Hench dari Universitas Florida, Amerika Serikat, kurang lebih 50 tahun lalu. Bioglass terbuat dari campuran berbagai mineral seperti silika, natrium, kalium, dan fosfat.

Bioglass merupakan singkatan dari Bioactive (bioaktif) dan Glass (kaca)Disebut bioaktif karena ia baru bisa aktif saat terkena cairan tubuh. Sedangkan penyebutan glass disebabkan oleh silika (bahan pembuat kaca atau gelas) sebagai bahan dasarnya.

Pada dunia kedokteran, bioglass dikenal sebagai bahan yang digunakan untuk membuat implan sintetis penyambung tulang. Saat menyambung menggunakan implan bioglass, nantinya bahan kaca ini akan membentuk ikatan kimia dengan tulang.

Bioglass terbukti dapat menyatu baik dengan tulang dalam tubuh dan tahan terhadap korosi. Karena kelebihannya tersebut, bioglass dipercaya memiliki kemampuan menstimulasi sel-sel tulang untuk beregenerasi dan menghasilkan sel yang baru.

Klaim bioglass di Pasaran

Menurut informasi penjualan di media online, bioglass dijual dengan bentuk berupa lempengan kaca bundar. Alat ini juga diklaim dapat memancarkan energi positif dalam radius 5 meter.

Pada beberapa situs penjualan bioglass, disebutkan bahwa kaca ini terbuat dari 13 mineral alami yang diolah dengan teknik khusus. Maka, lempengan kaca bundar ini diyakini dapat memancarkan energi positif selama kurang lebih 20 tahun.

Energi positif tersebut  diklaim dapat melakukan self healing atau dapat membuat tubuh sembuh dengan sendirinya saat mengalami beberapa kondisi penyakit.

Misalnya, bioglass diklaim dapat membersihkan racun di dalam tubuh, melancarkan sembelit, mempercantik kulit, menyembuhkan autisme dan ayan, menghindari pengeroposan tulang, serta menyembuhkan penyakit diabetes.

Kaca bundar ini juga dipercaya dapat menyembuhkan sakit kepala, influenza, penyakit jantung koroner, stroke, maag, ginjal, hipertensi, berbagai jenis kanker, asam urat, dan ambeien.

Tidak hanya bermanfaat menyembuhkan penyakit, bahkan alat ini diyakini dapat memperlambat pembusukan makanan, meningkatkan kesehatan hewan dan kualitas tanaman.

Semua manfaat tersebut katanya bisa didapat dengan minum air yang telah dialiri atau menggosokkan bioglass ke daerah tubuh tertentu agar penyakitnya hilang. Setidaknya pemaparan di atas adalah beberapa manfaat yang diklaim oleh produsen bioglass.

Lalu Bagaimana Fakta Medis Tentang Manfaat Bioglass?

Sampai saat ini belum ditemukan penelitian atau fakta medis yang mengatakan bahwa bioglass bermanfaat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Manfaat bioglass baru terbukti digunakan sebagai bahan implan tulang.

Sementara, kaca bundar ini jika masuk ke dalam tubuh dapat menyebabkan sistem kekebalan atau imun bereaksi. Ini karena saat masuk ke dalam tubuh, bioglass dideteksi sebagai benda asing oleh sistem kekebalan tubuh.

Dimana ini dapat membuat reaksi sistem imun menciptakan selubung yang mengelilingi kaca tersebut dan menghambat penyatuan tulang dengan bioglass.

Penemuan bioglass sebetulnya sangat membantu kemajuan teknologi di dunia kedokteran,  terutama untuk pasien penderita masalah tulang dan gigi. Namun manfaat bioglass hanya bisa didapatkan dengan saran dan terapi medis dari dokter saja, tidak boleh asal. (sbc-02/kdc)

 

 




Tinggalkan Balasan

error: