Search
Jumat 10 April 2020
  • :
  • :

Mbappe Jadi Pemain Berbanderol Termahal

Starberita – Jakarta, Manajer Tottenham Hotspur, Jose Mourinho, beberapa bulan lalu pernah mengatakan bahwa saat ini pemain yang memiliki banderol tertinggi di dunia adalah Kylian Mbappe. Mourinho nyatanya bukan satu-satunya orang yang berpikiran seperti itu.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan kelompok riset sepakbola internasional yang disegani, Mbappe juga dinobatkan sebagai pemain yang paling berharga. Adalah Pusat Observasi Sepak Bola Pusat Studi Olahraga Internasional (CIES) yang melakukan penilitan mengenai nilai transfer pemain yang berada di lima liga top Eropa saat ini.

Menurut mereka, saat ini nilai transfer Mbappe berada di angka 225,4 juta pounds atau sekira Rp4,1 triliun. Mereka tentunya bukan tanpa alasan menempatkan Mbappe dengan banderol tertinggi. Pasalnya, kualitas Mbappe telah teruji dengan membantu Timnas Prancis juara Piala Dunia 2018, menjadi top skor Liga Prancis, dan juga memiliki usia yang masih muda, yakni 21 tahun.

Kendati demikian, terdapat sejumlah hal yang menjadi perdebatan dari penelitian yang dilakukan tersebut. Pasalnya, pemain-pemain yang merumput di Liga Inggris dan berkebangsaan Inggris, memiliki nilai transfer yang lebih besar ketimbang pemain yang telah memenangkan banyak trofi bergengsi seperti Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo.

Mengikuti Mbappe, di posisi kedua terdapat nama winger Manchester City, Raheem Sterling. Mereka memandang kalau saat ini nilai transfer Sterling layak dihargai 190,1 juta pounds atau sekira Rp3,4 triliun. Pasalnya, mereka menilai kesuksesan Man City dalam beberapa musim terakhir tak lepas dari kerja keras Sterling.

Setelah itu, di posisi ketiga terdapat winger Liverpool, Mohamed Salah, dengan harga 148,8 juta pounds (Rp2,7 triliun), dan tempat keempat menjadi milik winger Borussia Dortmund, Jadon Sancho, dengan 143,5 juta pounds (Rp2,6 triliun). Sementara itu, Messi sendiri harus berada di possi kedelapan dengan harga 106,7 juta pounds (Rp1,9 triliun). (sbc-02/okz)

 

 




Tinggalkan Balasan

error: