Search
Rabu 1 April 2020
  • :
  • :

Ingat! Ini 7 Gejala Awal Diabetes pada Wanita

Starberita – Jakarta, Diabetes adalah penyakit dimana kadar gula dalam tubuh seseorang terlalu tinggi. Itulah kenapa, diabetes dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius termasuk serangan jantung atau stroke, kebutaan, masalah selama kehamilan dan gagal ginjal. Untuk mencegahnya komplikasi tersebut, kita semua perlu tahu gejala awal diabetes.

Diabetes dapat menyerang siapa saja, pria, wanita, bahkan anak-anak. Diabetes merupakan penyebab kematian nomor lima bagi wanita di Asia. Sementara di Amerika Serikat, sekitar 15 juta wanita memiliki diabetes, dimana 25 persen diantaranya tidak tahu jika mereka memiliki diabetes. Apakah ada perbedaan gejala awal diabetes pada pria dan wanita?

Sebelumnya Kamu perlu tahu bahwa dibandingkan pria, wanita dengan diabetes memiliki risiko lebih tinggi terhadap penyakit jantung, kebutaan dan juga depresi. Karena itu para wanita, penting untuk mengetahui gejala awal diabetes sedini mungkin. Simak artikel berikut ini ya!

Gejala Awal Diabetes pada Wanita

Inilah 7 gejala awal diabetes yang menunjukkan sudah waktunya Geng Sehat melakukan pemeriksaan lebih lanjut ke dokter.

1. Buang air kecil terus-menerus

Ketika seseorang memilki kadar gula yang berlebihan di tubuhnya, secara alamiah, tubuh akan mencoba mengeluarkannya. Jadi, apabila Kamu sering buang air kecil tanpa alasan yang jelas, hingga terbangun beberapa kali di malam hari untuk pergi ke toilet, inilah waktunya untuk ke dokter.

2. Tidak berhenti minum air

Lantaran sering buang air kecil terus-menerus, Kamu memutuskan untuk minum air dalam jumlah banyak agar tidak dehidrasi. Namun, seseorang yang tidak tahu jika mereka memiliki diabetes, malah memuaskan dahaganya dengan minuman manis seperti soda atau jus, yang justru menambah kadar gula darah di tubuhnya.

3. Penglihatan semakin buram

Penglihatan kabur merupakan gejala diabetes yang umum. Namun, seringkali diabaikan oleh wanita. Mary Vounyiouklis Kellis, M.D, ahli endokrinologi di Klinik Cleveland, Ohio, Amerika Serikat, mengatakan bahwa cairan dapat terbentuk di lensa mata ketika kadar gula meningkat. “Penumpukan cairan di mata bisa mengaburkan penglihatan dan menyebabkan rabun jauh,” kata Mary.

4. Tangan dan kaki yang seringkali kesemutan

Neuropati, suatu kondisi yang terkait dengan gangguan fungsi saraf, biasa ditandai oleh mati rasa atau kesemutan di lengan, kaki, tangan dan kaki, umum terjadi pada orang dengan diabetes tipe2, menurut tinjauan Diabetes Care 2017. “Diabetes mengurangi aliran darah ke anggota badan yang seiring waktu, bisa merusak pembuluh darah dan saraf seseorang,” jelas Mary.

5. Infeksi jamur di vagina

Kadar gula darah yang tinggi bisa menimbulkan infeksi jamur di sekitar vagina. Jadi, semakin banyak glukosa di tubuh, semakin banyak jamur yang bisa berkembang biak di daerah vagina.

“Apabila mengalami dua hingga tiga kali infeksi jamur setiap beberapa bulan atau jika perawatan standar tidak berhasil, saatnya pergi ke dokter untuk mengecek kadar gula darah,” saran Mary.

6. Timbul bintik hitam di kulit

Bintik hitam di sekitar tengkuk, di bawah ketiak atau di daerah pangkal paha, merupakan tanda awal dari resistansi insulin. Biasanya, gejala ini muncul pada perempuan dengan sindrom ovarium polikistik atau polycystic ovary syndrome (PCOS).

7. Merasa gatal sepanjang waktu

American Diabetes Association mengatakan bahwa, orang-orang dengan diabetes sering mengalami gatal-gatal karena infeksi jamur. Biasanya, kaki merupakan bagian yang paling parah.

Itulah kenapa, Diabestfrined jangan pernah sekali pun mengabaikan gejala diabetes yang dirasakan. Jika gejala diabetes tersebut sudah muncul, segera cek kadar gula darah di tubuh atau berkonsultasi dengan dokter. Apabila tidak ditangani dengan serius, diabetes bisa menyebabkan komplikasi serius hingga kematian. (sbc-02/gsc)

 




Tinggalkan Balasan

error: