Search
Selasa 31 Maret 2020
  • :
  • :

Akhyar: Kepedulian Lingkungan Cerminan Diri Insan Bertaqwa

Starberita – Medan, Pelaksana tugas (Plt) Wwalikota Medan, Akhyar Nasution, mengatakan sangat penting menanamkan kesadaran dan kepedulian pada kebersihan lingkungan, karena itu menjadi salah satu bentuk cerminan diri insan yang bertaqwa.

“Selain itu juga, lingkungan yang bersih jadi modal pendukung menyongsong hidup serta masa depan yang lebih baik dan cemerlang menuju Indonesia Maju,” kata Akhyar Nasution ketika menjadi pembina upacara di Madrasah Tsanawiyah Persiapan Negeri 4 (MTsPN 4) Medan, Jalan Jala Raya, Perumahan Griya Martubung, Kelurahan Besar, Kecamatan Medan Labuhan, Senin (6/1/2020).

Momentum hari pertama masuk sekolah dimanfaatkan, Akhyar Nasution, untuk bersilaturahmi dan bertatap muka dengan ratusan siswa MTsPN4. “Senang sekali, berkat rahmat Allah SWT kita dapat bersama-sama melaksanakan upacara hari pertama masuk sekolah usai libur. Di kesempatan ini, saya mengajak kita semua untuk membangun lingkungan yang baik. Sebab, lingkungan yang bersih memberi dampak yang positif bagi kesehatan jasmani dan pikiran serta memberi rasa nyaman dalam proses belajar mengajar,” kata Akhyar.

Selain bersilaturahmi, kehadiran Akhyar, untuk mensosialisasikan gerakan sadar lingkungan. Untuk itu, Akhyar, mengingatkan kepada seluruh siswa bahwa kebersihan merupakan tanggung jawab diri masing-masing. Hal kecil yang dapat dilakukan dengan tidak membuang sampah sembarangan termasuk ke dalam parit maupun sungai.

“Anak-anakku, kelak kalian adalah pewaris Kota Medan ini. Maka dari itu, mulai hari ini kita jaga dan rawat lingkungan kita. Kita bangun peradaban kota kita ini lewat budaya yakni budaya bersih. Jangan lagi membuang sampah di sembarang tempat. Semoga kelak Medan bersih dapat terwujud,” harapnya.

Kepada para guru, Akhyar, menghimbau agar dapat menjalankan program Merdeka Belajar sesuai arahan Menteri Pendidikan RI. Lewat Merdeka Belajar artinya para siswa diberi kesempatan untuk mengeksplorasi kemampuan dan bakat yang dimiliki. Maka para guru harus mampu menjadi fasilitatornya.

“Bapak ibu guru, didik anak kita jadi pribadi yang berkarakter sehingga mereka siap dan memiliki bekal untuk menyongsong masa depannya. Bagi anak-anak ku semua, gapailah cita-cita kalian setinggi langit. Bermimpi dan berimajinasilah tentang masa depan yang indah. Namun jangan lupa, untuk mewujudkannya kalian harus terus belajar, isi waktu dengan hal-hal bermanfaat. Semoga kalian semua bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi,” ungkapnya.

Disamping menjadi pembina upacara, Akhyar, juga memberikan piala secara simbolis kepada Kepala MTsPN 4, Syarifuddin,  atas keberhasilan Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) MTsPN 4 keluar sebagai juara 1 formasi terbaik lomba Paskibra tingkat nasional di Jakarta beberapa waktu lalu.

Selanjutnya, Akhyar, kemudian menanam sebuah bibit tumbuhan di halaman sekolah sebagai bentuk edukasi penghijauan lingkungan sekaligus ajakan agar senantiasa mencintai alam. Terakhir, Akhyar, enyerahkan seperangkat tong sampah untuk pihak sekolah. (sbc-02)

 




Tinggalkan Balasan

error: