Search
Rabu 3 Juni 2020
  • :
  • :

Tak Ada Gedung SMA/SMK, Masyarakat Ulu Moroo Numpang Belajar di Gedung SD

 

Starberita – Medan, Masyarakat Desa Iraono Hura mendesak Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) segera membangun Gedung SMA Negeri  di Kecamatan Ulu Gawo, Kabupaten Nias.

Tidak hanya itu, Pdt  DS Lombu  S.Th mengatakan bahwa selama ini ratusan siswa SMK Negeri 2 di Desa Hilisangawola melaksanakan belajar mengajar menumpang di Gedung SD milik Pemerintah Kabupaten Nias Barat.

Selain itu, SMK Negeri 2 ini juga kekurangan Guru untuk jurusan Teknik Komputer Jaringan (TKJ) dan Pariwisata.

“Sejak kecamatan ini berdiri, siswa/i SMK Negeri 2 ini harus menumpang belajar di Gedung SD milik Pemkab Nias Barat karena tidak memiliki Gedung SMA/SMK. Padahal kami sangat bersedia menghibahkan tanah kepada Pemprovsu untuk membangun Gedung SMA/SMK di daerah kami,” kata tokoh masyarakat Desa Iraono Hura Pdt Nasokhi Lawolo dan tokoh mayarakat Kecamatan Ulu Moroo, Pdt DS Lombu S.Th saat reses Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumut dari Fraksi Partai NasDem, Berkat Kurniawan Laoli di Desa Sifalaete, Kecamatan Gunung Sitoli, Kota Gunung Sitoli, Selasa (17/12/2019).

Sementara itu, Kepala Desa Hiligodu Ulu, Kecamatan Gunung Sitoli Utara mengungkapkan bahwa saat ini sebuah jembatan yang anggaran pembangunannya sekitar Rp2 miliar kondisnya mangkrak atau tidak dilanjutkan hingga saat ini. Sehingga aktiftas warga terganggu.

“Jembatan tersebut hanya terlihat masih pondasi yang dikerjakan dan biayanya Rp2 Miliar. Hingga saat ini belum dilanjutkan pengerjaannya. Akibatnya warga yang setiap harinya melintasi jembatan tersebut menjadi terganggu. Bahkan masyarakat sering terisolir jika hujan deras karena menyebabkan banjir,” ujar kades.

Sementara itu, tokoh masyarakat Kota Gunung Sitoli, Pintar Zebua mendesak Pemprovsu membangun Gedung Balai Latihan Kerja dan Pembangunan Jalan Provinsi di Kepualauan Nias.

Menanggapi keluhan dan keresahan warga, Berkat menyampaikan pihaknya akan menjadikan aspirasi masyarakat Gunung Sitoli dan Kabupaten Nias sebagai catatan untuk disampaikan pada Paripurna dihadapan Gubernur Sumut Edy Rahmayadi.

“Kita akan sampaikan keluhan masyarakat Gunung Sitoli dan Nias kepada Gubsu di Parpiurna DPRD Sumut untuk dimasukkan dalam Musrembang Provinsi supaya bisa segera terealisasi. Selain itu, kita juga akan sering mengingatkan Gubsu melalui media terhadap keluhan warga ini.

Hadir pada reses tersebut,Tokoh masyarakat Kota Gunung Sitoli, Pintar Zebua S.Pd, Ketua PGPI Kabupaten Nias, PGPI Kota Gunung Sitoli, Pimpinan Gereja dari berbagai denominasi di Kota Gunung Sitoli dan Kabupaten Nias serta Kepala Desa Sifalaete, Kepala Desa Tuhemberua Ma’u, Kepala Desa Tetehosi Ombolata dan Kepala Desa Ombolata Ulu. (sbc-03)




Tinggalkan Balasan

error: