Search
Selasa 11 Agustus 2020
  • :
  • :

Moms, Ini Manfaat Vitamin K untuk Tumbuh Kembang Anak

Starberita – Jakarta, Asupan nutrisi dan vitamin dalam proses tumbuh kembang anak sangat penting. Di antara sekian banyak kebutuhan vitamin, salah satu jenis vitamin yang diperlukan anak adalah vitamin K. Apa saja manfaat vitamin K untuk tumbuh kembang anak?

Pentingnya vitamin K untuk anak

Vitamin K merupakan jenis vitamin yang dapat larut di dalam lemak dan terbagi menjadi dua macam, yaitu vitamin K1 dan K2.

Vitamin K1 atau biasa disebut sebagai phylloquinone dapat ditemukan pada sayuran berdaun hijau, seperti bayam dan brokoli. Sedangkan vitamin K2 atau menaquinones bisa diperoleh dari daging hewani.

Mulai dari bayi hingga orang dewasa membutuhkan vitamin K untuk mendukung pembekuan darah. Jika seseorang kekurangan vitamin K, tubuhnya mungkin cenderung lebih mudah terkena memar atau berdarah karena darahnya tidak sepenuhnya beku.

Akan tetapi, bagaimana dengan anak? Berikut sejumlah manfaat vitamin K untuk anak-anak:

1. Vitamin K untuk Kesehatan tulang anak

Selain kalsium, ternyata vitamin K juga berfungsi untuk menjaga kesehatan tulang, terutama pada anak.

Tulang merupakan jaringan hidup yang akan mengalami perkembangan secara teratur. Puncak dari pertumbuhan tulang terjadi pada masa kanak-kanak dan remaja yang mungkin bertahan sepanjang sisa hidup mereka.

Hal ini dikarenakan vitamin K menghasilkan protein untuk kesehatan tulang Anda, termasuk osteokalsin. Bahkan, menurut Academy of Nutrition and Dietetics, vitamin K termasuk jenis vitamin yang bisa melancarkan pertumbuhan tulang.

Maka itu, sangat dianjurkan untuk mengonsumsi sayuran berdaun hijau, seperti bayam dan kubis untuk menunjang pertumbuhan tersebut.

2. Pembekuan darah

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya bahwa fungsi utama dari vitamin K adalah mendukung proses pembekuan darah, bahkan untuk usia anak.

Empat dari 13 protein penting yang dihasilkan tubuh agar darah tidak keluar terlalu banyak ketika mengalami perdarahan hebat berasal dari vitamin K.

Bagi orang-orang yang rutin mengonsumsi antikoagulan dengan tujuan agar pembekuan darah pada jantung atau paru-paru berhenti, direkomendasikan untuk memperbanyak asupan vitamin K.

Selain itu, vitamin K juga bisa berperan untuk menetralkan efek dari obat pengencer darah karena sifatnya yang dapat membekukan darah. Oleh karena itu, vitamin K terbilang cukup penting agar mengurangi risiko perdarahan hebat ketika anak Anda terluka dan berdarah.

3. Membantu meningkatkan fungsi otak

Menurut sebuah penelitian dari University of North Carolina, para pasien yang memiliki kadar vitamin K yang rendah cenderung mengalami disregulasi kalsium pada otak mereka.

Maksudnya, terjadi gangguan pada proses metabolisme kalsium di otak pasien tersebut. Akibatnya, otak mereka mengalami kerusakan yang berujung pada Alzheimer.

Maka itu, diperlukan asupan vitamin K yang cukup pada anak agar kesehatan fungsi otak mereka tetap terjaga hingga dewasa nanti.

Dosis aman vitamin K untuk anak

Setelah mengetahui mengapa vitamin K penting untuk anak, sudah saatnya mengenali berapa banyak dosis aman vitamin K untuk anak Anda.

Ini dia dosis yang vitamin K yang diperlukan anak Anda menurut The Recommended Dietary Allowance.

  • Anak berusia 1 s/d 3 tahun: 30 mcg/hari
  • Anak berusia4 s/d 8 tahun: 55 mcg/hari
  • Anak berusia 9 s/d 13 tahun: 60 mcg/ hari

Pada umumnya, anak-anak tidak membutuhkan suplemen vitamin K yang bisa melebihi batas dosis yang dianjurkan selama asupan makanannya cukup. Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya kelebihan vitamin K yang mungkin dapat menyebabkan berbagai efek samping, seperti mudah berkeringat dan pusing.

Jika Anda merasa asupan vitamin K untuk anak Anda kurang, sebaiknya konsultasikan ke dokter untuk mengetahui berapa banyak asupan vitamin yang diperlukan anak Anda. (sbc-02/hel)

 




Tinggalkan Balasan

error: