Search
Kamis 9 April 2020
  • :
  • :

Awas Jangan Kebanyakan, Ini Manfaat Minum Teh Tiap Hari!

Starberita – Jakarta, Teh memang sudah tidak asing lagi di kalangan masyarakat Indonesia. Bahkan, saking populernya kini teh memiliki banyak jenis dan campuran seperti boba dan susu.

Bahkan, ada orang yang tiap hari rutin minum teh. Memang, minum teh setiap hari ternyata memiliki manfaat yang luar biasa, yakni bisa mengurangi berbagai penyakit. Teh tanpa pemanis kaya akan antioksidan yang mencegah penyakit kronis dan membantu memperbaiki sel-sel dalam tubuh.

Seorang ahli bedah ortopedi di Toledo, Ohio, Anthony Kouri mengatakan teh yang berasal dari tanaman Camellia Sinensis mengandung antioksidan dikenal sebagai katekin, dan juga epigallocatechin gallate (EGCG). Oleh karena itu teh juga dapat menghilangkan radikal bebas dalam tubuh dan mengurangi peradangan.

Dilansir dari Aol, berikut beberapa manfaat tersembunyi minum teh setiap hari, yang dapat mengurangi berbagai penyakit dan juga terdapat pengaruh buruk jika meminumnya dalam jumlah yang sangat banyak.

Menurunkan risiko terkena kanker

Antioksidan dan senyawa yang ditemukan dalam teh telah dikaitkan dengan risiko kanker tertentu yang lebih rendah. Selain itu, Berbagai jenis teh berdampak pada kanker yang berbeda. Minum teh hanyalah salah satu cara sederhana untuk mencegah kanker.

Manfaat teh hitam

Seorang peneliti, dr. Naidoo mengatakan, Teh hitam panas bermanfaat untuk karsinoma kulit skuamosa. Selain itu, minum teh hitam setiap hari dapat menurunkan risiko diabetes tipe 2 dengan membantu mengendalikan gula darah setelah makan.

Menurut sebuah penelitian di Asia Pacific Journal of Clinical Nutrition, teh hitam dapat menurunkan gula darah dan setelah mengonsumsi makanan yang mengandung sukrosa.

Gigi lebih kuat

Meskipun meminum teh bisa sedikit menodai gigi Anda, tapi sebuah penelitian dalam Journal of Oral and Maxillofacial Pathology, mencatat bahwa teh hijau memiliki efek antibakteri yang dapat mengurangi bakteri pembentuk rongga di mulut Anda. Minum teh hijau setiap hari juga bisa membuat gigi berlubang tidak terlalu parah.

Mengurangi Risiko penyakit Alzheimer

Dr. Naidoo mengatakan, Teh hijau dapat membantu Anda mengembangkan ketahanan terhadap stres, dan berpotensi penyakit Alzheimer. Pasalnya, polifenol akan melindungi sel dari kerusakan.

Kualitas tidur membaik

Cobalah minum teh sebelum tidur. Pasalnya, sebuah penelitian di Integrative Medicine Research mencatat minum teh dapat membantu meningkatkan kualitas tidur dan kualitas hidup pada mereka yang mengalami insomnia ringan hingga sedang.

Metabolisme meningkat

Kafein dalam teh membantu meningkatkan ketajaman mental serta meningkatkan metabolisme dan pembakaran lemak (hingga 100 kalori per hari). Tapi, pastikan Anda tidak berlebihan dalam mengonsumi minuman yang mengandung kafein.

Satu cangkir teh hijau mengandung sekitar 40 mg kafein, dan Dr. Kouri merekomendasikan untuk membatasi asupan kafein harian Anda menjadi tidak lebih dari 300- 400 mg.

api, selain sederet manfaat di atas ada juga bahaya meminum tes. Minum teh dalam jumlah banyak setiap hari bisa membuat Anda berisiko mengalami pendarahan, walau hanya disebabkan oleh luka kecil atau benjolan sekali pun.

Seorang ahli bedah plastik bersertifikat di Beverly Hills, California, Michelle Lee, MD mengatakan bahwa Anda akan lebih rentan terhadap memar. Karenannya, dia meminta semua pasiennya untuk berhenti minum teh dua hingga tiga minggu sebelum operasi.

Selain itu, antioksidan alami yang dimiliki tes juga dapat mengganggu beberapa obat jantung dan tekanan darah. Akibatnya, bukan membantu penyembuhan, teh malah akan menetralisir fungsi obat tersebut.

Meski demikian, saat memilih teh pastikan tanpa pemanis. Semakin banyak daun teh yang diproses, maka semakin tidak efektif antioksidan alaminya. Teh hijau diproses secara minimal karena itulah memiliki manfaat kesehatan terbesar dari teh lainnya. (sbc-02/okz)

 

 




Tinggalkan Balasan

error: