Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/starberi/public_html/index.php:8) in /home/starberi/public_html/wp-content/plugins/post-views-counter/includes/counter.php on line 246
Starberita.com | Cepat & Akurat – Studi: Mandi Air Hangat Bisa Cegah Insomnia
Search
Selasa 28 Januari 2020
  • :
  • :

Studi: Mandi Air Hangat Bisa Cegah Insomnia

Starberita – Jakarta, Apakah Anda merasa kurang tidur dan sering mengantuk sepanjang hari? American Academy of Sleep Medicine menemukan satu dari tiga orang dewasa di Amerika menderita insomnia.

Data menunjukkan ada sekitar 100.000 kecelakaan setiap tahun yang mengakibatkan 1.550 kematian dan 71.000 korban cedera karena pengemudi yang mengantuk. Institute of Medicine melaporkan bahwa efek jangka panjang dari kurang tidur, termasuk karena insomnia dapat menyebabkan konsekuensi kesehatan yang cukup serius seperti hipertensi, diabetes, serangan jantung, stroke, bahkan depresi.

Penderita insomnia cenderung sering kesulitan tidur, terbangun di tengah malam, gelisah dan akan bangun tanpa merasa istirahat. Adakah cara untuk tidur lebih cepat tanpa pengaruh obat?

Seorang mahasiswa pascasarjana di bidang teknik biomedis di University of Texas bekerja sama dengan Pusat Ilmu Kesehatan UT di Houston dan University of Southern California. Dalam penelitiannya menunjukkan bahwa mandi air hangat dapat meningkatkan kualitas tidur secara signifikan.

Ia menjelaskan mandi air hangat selama 10 menit dapat meningkatkan efesiensi tidur. Dengan kata lain, efek mandi air hangat akan membuat Anda menghabiskan waktu lebih banyak untuk tidur dibandingkan dengan tidur biasa tanpa mandi. Mandi air hangat juga dapat mempercepat tertidur sekitar 36 persen.

Mengapa mandi air hangat dapat membantu meningkatkan kualitas tidur Anda? Hal itu disebabkan oleh suhu tubuh yang cenderung lebih tinggi di pagi dan sore hari daripada malam hari. Suhu tubuh perlu turun untuk memulai tidur yang baik.

Ketika kita mandi air hangat, tubuh membawa sejumlah besar aliran darah ke permukaan, terutama ke tangan dan kaki.

Aliran darah ini membawa panas dari inti ke permukaan dan menolak panas ke lingkungan dan menyebabkan penurunan suhu tubuh.

Itu sebabnya, jika Anda mandi air hangat satu sampai dua jam sebelum tidur, itu akan membantu proses sirkadian alami yang dapat meningkatkan kualitas tidur Anda. (sbc-02/okz)

 




Tinggalkan Balasan

error: