Search
Minggu 29 Maret 2020
  • :
  • :

Sebaiknya, Jenis Karbohidrat Ini Dihindari

Starberita – Jakarta, Hingga saat ini, karbohidrat masih menjadi topik debat di antara para ahli, khususnya tentang jenis karbohidrat yang baik dan jenis yang sebaiknya dibatasi atau dihindari. Karbohidrat, lemak, dan protein merupakan zat gizi makro yang harus ada dalam asupan makanan sehari-hari. Namun, ada beberapa jenis karbohidrat yang sebaiknya dihindari.

Ada beberapa jenis karbohidrat. Geng Sehat perlu tahu perbedaan dari setiap jenis tersebut, supaya paham mana yang baik untuk kesehatan dan apa saja karbohidrat yang perlu dihindari.

Jenis Karbohidrat : Sederhana vs Kompleks

Karbohidrat adalah salah satu sumber utama energi tubuh dan merupakan bagian penting dari diet yang sehat. Jenis karbohidrat beragam, khususnya terkait dengan dampaknya pada kesehatan. Serat dan gula juga termasuk karbohidrat. Ada tiga kelompok karbohidrat:

  1. Monosakarida: ini merupakan bentuk dasar karbohidrat. Contoh monosakarida termasuk glukosa dan fruktosa.
  2. Disakarida: ini adalah dua molekul monosakarida yang bersatu. Contoh dari disakarida adalah laktosa dan sukrosa.
  3. Polisakarida: ini merupakan rantai lebih dari dua monosakarida yang bersatu. Contoh dari polisakarida adalah serat dan pati.

Monosakarida dan disakarida membentuk jenis gula yang berbeda-beda, dan seringkali disebut karbohidrat sederhana. Kedua jenis karbohidrat ini merupakan sumber energi yang cepat dicerna tubuh.

Serat dan pati terbuat dari polisakarida dan dikenal sebagai karbohidrat kompleks. Keduanya mengandung rantai molekul lebih panjang, yang membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna oleh tubuh.

Makanan yang mengandung karbohidrat kompleks umumnya lebih bergizi ketimbang yang mengandung karbohidrat sederhana. Contoh karbohidrat kompleks adalah biji-bijian utuh atau whole grain dan sayuran. Contoh karbohidrat sederhana adalah nasi putih, roti, sirup, soda, dan cookies.

Jenis Karbohidrat yang Perlu Dihindari

Banyak orang yang menjalani diet rendah karbohidrat atau sama sekali tidak mengonsumsi karbohidrat. Padahal karbohidrat diperlukan tubuh sebagai sumber energi. Sebaiknya jangan menjalani diet yang menghilangkan karbohidrat sama sekali, kecuali jika direkomendasikan dokter secara spesifik. Pasalnya, tidak semua orang bisa mendapatkan manfaatnya.

Karbohidrat itu merupakan salah satu zat gizi makro yang penting dan merupakan sumber energi yang baik. Jadi, penting mengonsumsi karbohidrat. Namun, cara yang sehat adalah dengan mengonsumsi karbohidrat kompleks yang lebih bernutrisi ketimbang karbohidrat sederhana yang kandungan nutrisinya rendah.

Mudah untuk menggantikan banyak jenis karbohidrat sederhana dengan alternatif karbohidrat kompleks yang lebih sehat. Sebagai contoh:

  • Gantilah jus buah komersil atau soft drink dengan yang lebih sehat seperti air atau jus buah yang dibuat sendiri tanpa tambahan gula.
  • Pilih konsumsi buah secara alami ketimbang makanan yang tinggi kandungan gula, seperti kue atau cookies.
  • Konsumsi pasta whole grainketimbang pasta bisa.
  • Ganti roti putih dengan roti gandum atau whole grain.
  • Ganti camilan dengan kacang-kacangan alami ketimbang keripiki kentang.

Jadi, itulah karbohidrat yang perlu dihindari dan diganti dengan pilihan yang lebih sehat. Diet yang sehat dan seimbang itu harus mengandung karbohidrat kompleks yang alami yag kaya akan nutrisi, contohnya:

  • Sayuran
  • Kacang-kacangan
  • Kacang panjang
  • Whole grain

Banyak dari makanan tersebut kaya akan serat. Serat adalah nutrisi penting untuk sistem pencernaan dan bisa menurunkan risiko penyakit kardiovaskular dan diabetes tipe 2 pada beberapa orang.

Mengganti makanan yang tinggi kandungan lemak jenuh atau gula dengan karbohidrat kompleks yang kaya akan serat juga efektif menurunkan berat badan. Meskipun mengandung fruktosa, yang merupakan karbohidrat sederhana, buah sangat bernutrisi dan mengandung banyak vitamin, mineral, dan serat.

Jadi, karbohidrat itu sangat dibutuhkan tubuh. Namun ada beberapa jenis karbohidrat yang perlu dihindari. Karbohidrat yang perlu dihindari adalah karbohidrat sederhana, sedangkan yang baik dikonsumsi adalah karbohidrat sederhana. (sbc-02/gsc)

 

 




Tinggalkan Balasan

error: