Search
Senin 6 Juli 2020
  • :
  • :

6 Herbal Ini Dipercaya Ampuh Kendalikan Diabetes & Hipertensi

Starberita – Jakarta, Diabetes dan tekanan darah tinggi atau hipertensi adalah penyakit akibat gaya hidup yang paling banyak diderita. Kedua kondisi ini jika tidak ditangani segera bisa memicu masalah kesehatan yang lebih besar, termasuk stroke, kerusakan penglihatan, serangan jantung, kerusakan ginjal, hingga gagal jantung.

Karena itu, sangat dianjurkan untuk selalu menjaga tekanan dan gula darah tetap normal. Orang yang memiliki kondisi ini harus selalu meminum obat. Tapi, selain obat ada juga beberapa tanaman herbal yang dipercaya mampu mengatasi dua kondisi tersebut.

Berikut ini lima daftar tanaman herbal yang bisa membantu mengontrol diabetes dan hipertensi.

Kemangi

Kemangi bisa diyakini efektif menurunkan tekanan darah. Zat kimia eugenol yang ada di kemangi bisa melawan senyawa yang mengencangkan pembuluh darah dan karenanya dapat menurunkan tekanan darah. Cara termuda mengonsumsi kemangi adalah dengan menambahkannya ke dalam teh atau membuat teh dengan merebusnya.

Bawang putih

Bawang putih punya kemampuan menurunkan tekanan darah dengan meningkatkan oksida nitrat di dalam tubuh. Senyawa tersebut membuat pembuluh darah relaks dan melebar sehingga mengurangi tekanan darah serta membuat aliran darah lebih lancar.

Kayu manis

Rempah ini dipercaya sangat bermanfaat dalam menurunkan tekanan darah. Sebuah studi yang dilakukan ada tikus menemukan bahwa ekstrak kayu manis menurunkan onset tekanan darah yang tiba-tiba dan yang sudah lama. Meskipun ekstrak tersebut diberikan dengan cara diinfus.

Kunyit

Kunyit dikenal memiliki curcumin yang sudah terbukti dalam mengontrol gula darah begitu juga dapat mencegah onset diabetes. Dalam studi selama sembilan bulan, 240 partisipan dengan pradiabetes diminta untuk meminum kapsul curcumin setiap hari. Di akhir penelitian, para partisipan tersebut tidak mengalami diabetes.

Biji fenugreek

Herbal ini bermanfaat untuk diabates dan sudah terbukti baik pada studi hewan maupun manusia. Dalam studi pada 25 orang yang memiliki diabetes tipe 2, biji fenugreek ditemukan memiliki efek luar biasa dalam mengontrol kadar gula darah. Studi lainnya yang dilakukan pada 2015 menemukan bahwa mengonsumsi 10 gram biji fenugreek yang direndam di dalam air bisa mengontrol diabetes tipe 2. (sbc-02/vnc)

 




Tinggalkan Balasan

error: